Waduh! SD Gaib di Semarang Terdaftar di Sistem PPDB

PPDB 2024 mencatat keberadaan SD Negeri Jomblang 04 yang sebenarnya sudah tidak beroperasi lagi. Baca selengkapnya di sini!

Waduh! SD Gaib di Semarang Terdaftar di Sistem PPDB
Waduh! SD Gaib di Semarang Terdaftar di Sistem PPDB. Gambar : Kompascom/Muchamad Dafi Yusuf

BaperaNews - SD Negeri Jomblang 04 di Kecamatan Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), menjadi sorotan dalam sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024.

Namun, keheranan muncul karena sekolah tersebut sebenarnya sudah tidak ada lagi. Sebelumnya, dikenal dengan nama SD Negeri Jomblang 04, kini sekolah tersebut telah berganti nama menjadi SD Negeri Jomblang 03.

Melalui penelusuran terkait keberadaan SD Negeri Jomblang 04 yang masih tercatat dalam sistem PPDB 2024, staff Tata Usaha (TU) SDN 3 Jomblang, Kuncoro, membenarkan bahwa perubahan nama sekolah ini sebelumnya telah menjadi viral pada PPDB tahun sebelumnya, yakni 2023.

"Tahun kemarin juga kita kaget dan beritanya sempat viral," ungkap Kuncoro, Rabu (19/6).

Pada tahun ajaran 2023, meskipun sudah tidak aktif lagi, SD Negeri Jomblang 04 masih terdaftar dalam data PPDB dan bahkan menerima satu siswa. Kuncoro bersyukur bahwa tidak banyak siswa yang terjebak mendaftar di sekolah yang sudah tidak beroperasi ini.

Baca Juga: Pelajar di Semarang Perkosa Pacar dan Kirim Video Intim ke Ortu, Dalih Minta Restu

"Hanya menerima satu siswa pada waktu itu. Mungkin yang daftar tidak tahu (SDN 4 Jomblang) sudah tidak ada. Untung tidak sampai mendaftar ulang," jelasnya.

Lebih lanjut, Kuncoro menjelaskan bahwa penggabungan SD Negeri Jomblang 04 ke dalam SD Negeri Jomblang 03 telah dilakukan sejak tahun 2019. Pihaknya juga telah rutin melaporkan hal ini kepada Dinas Pendidikan Kota Semarang.

"Kami sering melaporkan atau meminta SDN 4 Jomblang supaya dihapus dari sistem," tambahnya.

Pemerintah Kota Semarang perlu memastikan bahwa sistem PPDB terus diperbarui dengan data sekolah yang terbaru, menghindari kejadian serupa di masa mendatang. 

Baca Juga: Takut Diamuk Istri, Suami di Trenggalek Pura-pura Dibegal Gegara Uang Habis Buat Nyawer