Paus Fransiskus Ternyata Hanya Punya 1 Paru-paru!

Dalam kunjungannya ke Indonesia, Paus Fransiskus mengungkap bahwa ia hanya memiliki satu paru-paru.

Paus Fransiskus Ternyata Hanya Punya 1 Paru-paru!
Paus Fransiskus Ternyata Hanya Punya 1 Paru-paru!. Gambar : Biro Pers Sekretariat Presiden/Rusman

BaperaNews - Paus Fransiskus mengungkapkan bahwa ia hanya memiliki satu paru-paru. Dalam laporan CBS News, diungkapkan bahwa Paus Fransiskus, yang lahir dengan nama Jorge Mario Bergoglio, harus menjalani operasi pengangkatan satu paru-paru pada usia 20-an akibat infeksi pernapasan.

Meskipun hanya memiliki satu paru-paru, Paus Fransiskus menegaskan bahwa ia tidak memiliki rencana untuk pensiun dalam waktu dekat.

Dalam wawancara dengan CBS Evening News, Paus Fransiskus menjelaskan bahwa meskipun kesehatan adalah perhatian penting, terutama karena dia juga mengalami masalah pada lututnya, pensiun tidak pernah terlintas dalam pikirannya.

Sebagai paus tertua dalam sejarah Gereja Katolik, Paus Fransiskus telah menghadapi berbagai masalah kesehatan, termasuk flu dan dua kali operasi usus. 

Baca Juga: Jadi Bintang Tamu, Lyodra Ikut Diberkati Paus Fransiskus pada Misa Akbar di GBK

Penulis biografi resmi Paus Fransiskus, Sergio Rubin, menyebutkan bahwa Fransiskus telah kehilangan sebagian besar paru-parunya yang terinfeksi saat muda.

Dalam memoarnya yang berjudul "Life: My Story Through History," Paus Fransiskus menjelaskan tentang perawatan medis yang diterimanya dan bagaimana ia menanggapinya.

Pada tahun lalu, Paus Fransiskus dirawat di rumah sakit selama tiga hari karena diduga mengalami bronkitis, yang kemudian diumumkan sebagai pneumonia.

Selain itu, Paus juga menjalani operasi perut pada Juni lalu untuk memperbaiki hernia dan menghilangkan jaringan parut yang menyebabkan rasa sakit.

Baca Juga: Viral! Paus Fransiskus Berkati Ibu Hamil yang Akan Melahirkan Pekan Depan