Instagram Rilis Fitur Baru, Pengguna Bisa Bebas Komentar di Story Orang Lain

Instagram resmi merilis fitur baru yang memungkinkan pengguna bisa memberikan komentar langsung pada Story orang lain. 

Instagram Rilis Fitur Baru, Pengguna Bisa Bebas Komentar di Story Orang Lain
Instagram Rilis Fitur Baru, Pengguna Bisa Bebas Komentar di Story Orang Lain. Gambar : Istimewa

BaperaNews - Instagram resmi meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna memberikan komentar langsung pada Story orang lain. 

Fitur Instagram ini sudah mulai tersedia bagi beberapa pengguna di dalam negeri dan memberikan pengalaman interaksi yang mirip dengan fitur komentar di Reels dan feed timeline. 

Komentar yang ditambahkan akan terlihat langsung di Story dan bisa diakses oleh semua pengguna selama Story tersebut aktif, yaitu dalam waktu 24 jam.

Fitur terbaru ini menawarkan cara baru bagi pengguna untuk berinteraksi dengan Story, salah satu elemen populer di platform tersebut.

Dengan adanya kolom komentar di Story, pengguna dapat memberikan tanggapan secara langsung, serupa dengan komentar yang biasa dilakukan pada konten Reels maupun postingan feed di Instagram.

Hal yang membedakan adalah komentar ini bersifat sementara, sesuai dengan durasi Story yang hanya aktif selama 24 jam.

Menurut Emily Norfolk, juru bicara Instagram, pengguna juga memiliki kendali penuh atas fitur ini. Mereka dapat memilih untuk mengaktifkan atau menonaktifkan komentar pada setiap Story yang diunggah.

"Pengguna dapat menentukan apakah mereka ingin menerima komentar di Story yang mereka bagikan atau tidak, memberikan kontrol penuh terhadap interaksi yang terjadi di platform," ujar Norfolk pada Kamis (5/9).

Sama seperti Story, komentar yang diberikan oleh pengguna akan menghilang ketika Story tersebut kedaluwarsa. Dalam hal ini, Instagram belum memberikan informasi resmi apakah komentar-komentar tersebut akan diarsipkan atau sepenuhnya hilang setelah masa aktif Story berakhir.

Namun, fungsinya yang terbatas pada durasi 24 jam menekankan sifat sementara dari interaksi ini.

Sebelumnya, Instagram juga memperkenalkan fitur Notes atau Catatan, yang berfungsi dengan konsep serupa. Notes memungkinkan pengguna untuk meninggalkan pesan singkat yang juga akan hilang setelah waktu tertentu.

Kedua fitur ini menunjukkan upaya Instagram dalam meningkatkan keterlibatan pengguna melalui interaksi yang lebih spontan dan sementara.

Beberapa pengguna di Indonesia sudah mendapatkan akses ke fitur komentar di Story ini dan mulai menggunakannya untuk berinteraksi dengan konten teman-teman mereka.

Baca Juga : Instagram Bakal Rilis Fitur Baru, Pengguna Bisa Ubah Tanggal Postingan

Meskipun fitur ini belum diluncurkan secara merata ke semua akun, respon awal dari pengguna yang telah mencobanya menunjukkan potensi besar fitur ini dalam meningkatkan interaksi di Instagram.

"Saya sudah mencoba fitur komentar di Story, dan menurut saya ini sangat menarik karena bisa langsung memberikan respon di Story teman. Komentarnya juga langsung terlihat oleh semua orang yang melihat Story tersebut," kata salah satu pengguna Instagram di Jakarta.

Bagi pengguna yang sudah mendapatkan akses, mereka bisa langsung menemukan kolom komentar ketika melihat Story di akun yang mereka ikuti.

Komentar dapat ditulis dan akan terlihat oleh pengguna lain selama Story tersebut masih aktif. Ini memberikan dinamika baru dalam cara pengguna berinteraksi di Instagram, selain melalui pesan langsung (direct message) yang biasanya bersifat lebih privat.

Instagram memberikan perhatian khusus terhadap privasi pengguna dengan menyediakan fitur pengaturan yang memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan komentar pada setiap Story yang mereka unggah.

Ini penting bagi pengguna yang ingin membatasi interaksi pada konten yang bersifat lebih pribadi atau sensitif. Pengguna dapat menyesuaikan pengaturan ini secara individual pada setiap unggahan, memberikan fleksibilitas dalam mengelola konten yang dibagikan.

Fitur komentar di Story ini merupakan langkah terbaru dari Instagram dalam rangka terus meningkatkan keterlibatan pengguna di platform-nya.

Sebelumnya, Instagram telah memperkenalkan berbagai fitur interaktif seperti polling, sticker pertanyaan, serta fitur Notes. Semua fitur ini didesain untuk mendorong pengguna berinteraksi lebih banyak di platform, baik dengan konten dari teman, influencer, maupun brand.

Instagram, sebagai salah satu platform media sosial terbesar di dunia, terus berinovasi dengan menambahkan fitur-fitur yang memperkaya pengalaman pengguna.

Peluncuran fitur komentar di Story ini diyakini akan semakin mendorong interaksi pengguna di platform, terutama dengan adanya opsi untuk memberikan tanggapan langsung di Story, yang merupakan salah satu fitur paling populer di aplikasi tersebut.

Baca Juga : Instagram Rilis Fitur Pengingat Untuk Menutup Aplikasi