Hasil Survei Elektabilitas Pilkada Banten 2024, Airin-Ade Sumardi Unggul Jauh dari Andra Soni-Dimyati

Survei Litbang Kompas dan LSI menunjukkan pasangan Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi unggul jauh di Pilgub Banten 2024.

Hasil Survei Elektabilitas Pilkada Banten 2024, Airin-Ade Sumardi Unggul Jauh dari Andra Soni-Dimyati
Hasil Survei Elektabilitas Pilkada Banten 2024, Airin-Ade Sumardi Unggul Jauh dari Andra Soni-Dimyati. Gambar : Instagram/@h.adesumardi

BaperaNews - Hasil survei pasangan calon (paslon) Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi unggul jauh dari rivalnya, Andra Soni-Dimyati Natakusumah dalam Pemilihan Gubernur Banten (Pilgub Banten 2024).

Berdasarkan dua survei besar dari Litbang Kompas dan Lembaga Survei Indonesia (LSI), elektabilitas pasangan ini menonjol dan memberikan mereka keunggulan yang cukup signifikan.

Menurut survei Litbang Kompas yang dilaksanakan pada 15-20 Juni 2024, Airin memperoleh elektabilitas sebesar 38,3 persen. Sementara, Andra Soni yang dipasangkan dengan Dimyati Natakusumah tidak masuk dalam daftar utama, hanya Dimyati yang tercatat dengan elektabilitas sebesar 2,7 persen.

Dalam survei ini, tokoh lain yang cukup menonjol adalah mantan Gubernur Banten, Wahidin Halim, yang meraih 18,1 persen. Mantan Gubernur Banten lainnya, Rano Karno, juga masuk dalam survei ini dengan 16,5 persen suara.

Survei Litbang Kompas

Berikut adalah hasil lengkap survei elektabilitas versi Litbang Kompas untuk Pilkada Banten 2024:

  • Airin Rachmi Diany: 38,3 persen
  • Wahidin Halim: 18,1 persen
  • Rano Karno: 16,5 persen
  • Arief Wismansyah: 6,9 persen
  • Irna Narulita: 3,7 persen
  • Iti Octavia Jayabaya: 3,7 persen
  • Achmad Dimyati Natakusumah: 2,7 persen
  • Ahmed Zaki Iskandar: 2,7 persen
  • Tidak tahu/tidak jawab: 7,4 persen

Baca Juga: BREAKING NEWS: Golkar Sudah Resmi Dukung Airin Rachmi Diany- Ade Sumardi di Pilgub Banten 2024

Survei ini melibatkan 400 responden dengan margin of error sekitar 4,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei Lembaga Survei Indonesia (LSI)

Tak hanya di survei Litbang Kompas, survei dari LSI juga memperlihatkan keunggulan pasangan Airin-Ade Sumardi. Dalam survei ini, Airin unggul di semua simulasi yang dilakukan.

Peneliti LSI, Muhammad Adib, menyatakan bahwa elektabilitas Airin mencapai 77,3 persen jika head to head dengan Andra Soni, yang merupakan calon dari Partai Gerindra. Sebaliknya, Andra hanya memperoleh elektabilitas sekitar 10 persen.

Saat dilakukan simulasi pasangan antara Airin-Ade Sumardi dan Andra Soni-Dimyati, Airin dan Ade meraih 73,7 persen, sedangkan Andra-Dimyati hanya memperoleh 12,2 persen. Responden yang belum menentukan pilihan dalam simulasi ini tercatat sekitar 14,1 persen.

Survei LSI dilakukan pada 27 Juli-4 Agustus 2024 dengan metode tatap muka dan melibatkan 800 responden. Margin of error survei ini sekitar 3,5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Keunggulan Airin tidak lepas dari popularitas dan rekam jejaknya sebagai Walikota Tangerang Selatan.

Popularitas Airin tercatat mencapai 92,7 persen, dan ia disukai oleh 89 persen warga Banten. Hal ini diperkuat dengan keberhasilan sosialisasi kampanyenya melalui berbagai media, seperti media massa, media sosial, dan media lainnya.

Sebanyak 70,9 persen warga Banten mengaku pernah melihat spanduk atau baliho Airin.

Dengan hasil survei yang menunjukkan keunggulan Airin-Ade Sumardi, besar kemungkinan pasangan ini memiliki peluang yang kuat untuk memenangkan Pilgub Banten 2024. Namun, meskipun hasil survei mengunggulkan mereka, masih ada waktu hingga hari pemilihan.

Baca Juga: Faldo Maldini-Fadhlin Akbar Resmi Daftar Pilwalkot Tangerang ke KPU