Akun TikTok Penyebar Hoaks Atta Halilintar Terancam Hukuman Penjara di Atas 5 Tahun

Atta Halilintar melaporkan akun TikTok berinisial WO ke Polres Jakarta Selatan terkait tuduhan pencemaran nama baik. Pelaku terancam hukuman hingga enam tahun penjara dan denda Rp1 miliar.

Akun TikTok Penyebar Hoaks Atta Halilintar Terancam Hukuman Penjara di Atas 5 Tahun
Akun TikTok Penyebar Hoaks Atta Halilintar Terancam Hukuman Penjara di Atas 5 Tahun. Gambar : Instagram/@attahalilintar

BaperaNews - Atta Halilintar resmi melaporkan akun TikTok berinisial WO ke polisi terkait dugaan pencemaran nama baik atas tuduhan dirinya pernah menikah siri dengan Ria Ricis. 

Laporan tersebut kini ditangani oleh Polres Jakarta Selatan, dan pelaku terancam hukuman hingga enam tahun penjara serta denda sebesar Rp1 miliar, berdasarkan Pasal 27 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Seksi Humas Polres Jakarta Selatan, AKP Nurma Dewi, pada Kamis (5/9).

"Kami menerapkan Pasal 27 UU ITE dengan ancaman hukuman enam tahun penjara dan denda Rp1 miliar," ujar Nurma saat diwawancarai dalam kanal YouTube Intens Investigasi.

Atta Halilintar merasa nama baiknya tercemar akibat tuduhan tersebut. Menurut Nurma, Atta Halilintar secara pribadi melaporkan kejadian ini karena tidak terima dengan fitnah yang dilayangkan kepadanya melalui akun TikTok tersebut.

"Atta merasa tidak suka dengan pencemaran nama baik yang terjadi. Ini adalah hak setiap individu untuk melindungi nama baiknya, dan Atta berhak melakukan pelaporan terkait hal ini," ungkap Nurma.

Baca Juga: Atta Halilintar Polisikan Akun yang Menyebut Dirinya Nikah Siri dengan Ria Ricis

Saat ini, pihak kepolisian tengah mengumpulkan keterangan dari saksi-saksi yang terkait dengan kasus tersebut. 

"Saksi-saksi akan kami mintai keterangan untuk memperkuat laporan ini. Setiap keterangan yang diberikan oleh saksi-saksi akan sangat berharga dalam pengembangan kasus ini," kata Nurma.

Kabar soal Atta yang dituduh menikah siri dengan Ria Ricis telah sampai ke telinga Geni Faruk, yang langsung menepis isu tersebut sebagai fitnah.

"Berita-berita seperti ini memang fitnah dan hoaks. Kami sebagai keluarga terkejut dan merasa tidak nyaman. Fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan," ungkap Geni Faruk.

"Sebagai orang tua, kami terus menguatkan anak-anak kami. Kami mengingatkan bahwa di zaman seperti sekarang, fitnah sangat mudah terjadi. Terlalu banyak orang yang dengan mudahnya membuat pernyataan tanpa dasar kebenaran," tambahnya.

Atta Halilintar maupun Ria Ricis telah membantah keras tuduhan tersebut. Atta merasa dirugikan atas viralnya berita ini, dan memilih untuk menempuh jalur hukum guna membersihkan namanya dari tuduhan yang tidak berdasar.

Baca Juga: Risih Difitnah, Atta Halilintar dan Timnya Kumpulkan Akun Penyebar Hoaks