Baru 2 Pekan, PlayStation Tutup Game Concord 6 September Mendatang

Game tembak-tembakan PlayStation, Concord, resmi ditutup hanya dua minggu setelah peluncuran.

Baru 2 Pekan, PlayStation Tutup Game Concord 6 September Mendatang
Baru 2 Pekan, PlayStation Tutup Game Concord 6 September Mendatang. Gambar : Playstation.com

BaperaNews - Game terbaru dari PlayStation, Concord, akan ditutup hanya dua pekan setelah diluncurkan. Game tembak-tembakan berbasis karakter (first-person hero shooter) ini dirilis oleh Firewalk Studios, bagian dari Sony PlayStation Studios, pada 23 Agustus 2024.

Namun, Concord akan resmi dihentikan pada 6 September 2024, karena penjualan yang tidak memenuhi harapan.

Keputusan penutupan game ini diumumkan oleh Game Director Firewalk Studios, Ryan Ellis, melalui blog resmi PlayStation. Dalam pengumumannya, Ryan menyatakan bahwa performa peluncuran Concord tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh studio.

"Peluncuran game ini tidak sesuai dengan apa yang kami harapkan. Sehingga, untuk saat ini, kami memutuskan untuk menutup server Concord mulai 6 September 2024 mendatang," kata Ryan, seperti dikutip dari blog PlayStation pada Rabu (4/9).

Meski Ryan tidak menjelaskan secara rinci alasan lain di balik penutupan ini, kabar yang beredar menyebutkan bahwa penjualan Concord sangat rendah.

Game ini dilaporkan hanya terjual sekitar 25.000 kopi dalam waktu kurang dari dua minggu. Jumlah ini bahkan lebih rendah dari penjualan game The Lord of the Rings: Gollum, yang dianggap sebagai salah satu game terburuk tahun 2023 dan terjual sekitar 27.000 kopi pada periode yang sama.

Selain penjualan yang rendah, jumlah pemain yang bermain secara bersamaan (concurrent players) di Concord juga dilaporkan sangat sedikit. Angka tertinggi yang tercatat adalah sekitar 697 pemain, yang dianggap terlalu kecil untuk game multiplayer.

Baca Juga: Game Palworld Kemungkinan Bakal Rilis di Playstation Usai Sukses di PC dan Xbox

Jumlah pemain yang sedikit ini tentu memengaruhi pengalaman bermain, karena pemain akan kesulitan menemukan teman atau lawan untuk memulai pertandingan.

Persaingan dengan game serupa yang tersedia secara gratis, seperti Valorant dan Overwatch, juga disebut-sebut sebagai salah satu faktor yang memengaruhi penurunan popularitas Concord.

Game-game tersebut tidak hanya menawarkan gameplay yang menarik, tetapi juga fitur yang lebih lengkap dan tanpa biaya. Hal ini membuat Concord sulit bersaing, terutama dengan harga sekitar 40 dollar AS atau sekitar Rp 621.000.

Menanggapi situasi ini, Ryan Ellis memastikan bahwa pemain yang sudah membeli Concord akan mendapatkan pengembalian uang (refund). Proses refund akan dilakukan dalam beberapa waktu ke depan, dan uang yang digunakan untuk membeli game ini akan dikembalikan ke rekening atau metode pembayaran yang dipakai oleh pemain.

Namun, setelah menerima refund, pengguna tidak akan bisa lagi mengakses Concord. Bagi pengguna yang belum melakukan refund, mereka masih bisa memainkan game ini hingga server resmi ditutup pada 6 September 2024.

Baca Juga: Kartun Upin Ipin Diadaptasi Jadi Game, Rilis di PS4 dan Switch