Viral Motor Ditilang Di Area Dealer, Ini Fakta Sebenarnya!

Menanggapi video yang viral atas penilangan motor yang terjadi di area Dealer membuat Kasatlantas Polresta Lampung menyampaikan fakta sebenarnya dari video yang beredar.

Viral Motor Ditilang Di Area Dealer, Ini Fakta Sebenarnya!
Motor ditilang di area Dealer oleh petugas kepolisian. Gambar : Tangkapan layar Instagram/@undercover.id

BaperaNews - Video viral di media sosial memperlihatkan seorang pria yang mengaku motor baru miliknya diberhentikan oleh petugas kepolisian di sebuah dealer yang berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bandar Lampung. Dalam rekaman video tersebut, terlihat perdebatan antara petugas kepolisian dengan seorang pria.

“Pak ini posisinya masih di dealer, bukan di jalan” ujar pria yang merupakan sang pemilik motor.

“Mau di dealer mau di jalan, Anda pake racing” sahut petugas kepolisan.

Tampak di dalam video, terdapat seorang petugas polisi berseragam lengkap, menyita motor Ninja berwarna biru, yang mana plat nomor kendaraannya belum terpasang. Lalu, polisi terlihat berkomunikasi dengan petugas lainnya melalui Handy Talky (HT) yang ingin membawa motor tersebut.

Seorang wanita yang berada di tempat kejadian pun ikut meneriaki petugas kepolisian. Ia menyampaikan bahwa penilangan tidak bisa dilakukan begitu saja.

“Nggak bisa dong pak” ujar si wanita.

Video yang beredar di media sosial ini pun banyak mengundangan penasaran netizen dan sontak mendapatkan berbagai komentar dari netizen.

"Gini amat cari duit Negara oh Negara mana yang katanya kaya raya" tulis netizen. "Konten ini, engga mungkin juga lah. Kecuali pas di stop di jalan, kebetulan pemotor kabur langsung masuk ke dealer" timpal netizen yang lain.

Kendati demikian, banyak netizen yang juga menduga bahwa sang pengendara sengaja berbelok ke dealer agar tidak ditilang oleh petugas kepolisian.

"Padahal itu emg udah dikejar gegara gak pake plat nomer,si pengendaranya sengaja masuk dealer biar gak ketangkep.yakali polisi nilang motor baru pake logika aja wahai netizen +62" ujar netizen.

Baca Juga : Viral! Aksi Pemotor Kena Tilang ETLE Di Pinggir Sawah, Ini Arti Tilang ETLE Sebenarnya

“diliat dari ban sudah tidak baru lagi hmm” sahut netizen lainnya. “Motor ko gada Nopol nya. Kalo baru keluar dealer pasti ada tempat Nopolnya minimal di atas spakbor depan. Kayaknya kabur ke dealer deh ini” timpal yang lainnya.

Menanggapi viralnya video tersebut, Kasatlantas Polresta Bandar Lampung melalui Kanit Patroli, Ipda Tajudin menyampaikan fakta sebenarnya dari video yang beredar. Ia menyampaikan bahwa kendaraan tersebut bukan ditilang saat berada di depan dealer. Namun, kendaraan itu masuk ke area dealer Kawasaki.

"Dia masuk ke dealer Kawasaki langsung disetop oleh anggota saya karena knalpot blong dan langsung disetop, lalu dijelaskan dan ditilang kepada pengendara itu" imbuh Tajudin (23/6).

Pemuda dan rekannya malah merekam insiden tersebut dan membagikan potongan videonya ke media sosial TikTok hingga viral di berbagai media sosial.

“Tapi mereka tidak kooperatif, mereka membuat video sendiri dan mengirimkan ke medsos dan terpotong” tuturnya.

Atas insiden tersebut, Satlantas Polresta Bandar Lampung merasa dirugikan lantaran dapat menimbulkan asumsi negatif dari masyarakat yang tidak mengetahui kejadian sebenarnya.

"Kami Satlantas Polresta Bandar Lampung merasa sangat dirugikan atas video yang viral di TikTok" jelas Tajudin.

Kendati demikian, Ipda Tajudin mengatakan bahwa saat ini kendaraan tersebut diamankan oleh Satlantas Polresta Bandar Lampung dan pria yang berada di dalam video sudah memberikan klarifikasi ke Propam Polresta Bandar Lampung.

“Kendaraan sudah di Polresta, sekarang sudah dipanggil oleh kasi propam sedang diklarifikasi oleh Propam” tutup Ipda Tajudin.