Chang International Circuit di Thailand Bakal Jadi Pembuka MotoGP 2025

Sirkuit Buriram di Thailand resmi ditunjuk sebagai tempat pembuka untuk MotoGP 2025 dan 2026.

Chang International Circuit di Thailand Bakal Jadi Pembuka MotoGP 2025
Chang International Circuit di Thailand Bakal Jadi Pembuka MotoGP 2025. Gambar : Dok.Motogp

BaperaNews - Sirkuit Buriram di Thailand resmi ditunjuk sebagai tempat pembuka untuk MotoGP 2025 dan MotoGP 2026. Ini adalah momen yang sangat spesial, karena untuk pertama kalinya dalam lebih dari 25 tahun, Asia Tenggara menjadi tuan rumah pembuka musim MotoGP.

"MotoGP dengan gembira mengumumkan Thai Grand Prix akan menjadi pembuka musim untuk 2025 dan 2026," jelas pernyataan resmi dari MotoGP.

Balapan ini dijadwalkan berlangsung dari tanggal 28 Februari hingga 2 Maret 2025. Namun, tanggal ini masih bersifat sementara dan akan dikonfirmasi lebih lanjut.

Perubahan ini tentunya membawa dampak besar, terutama bagi MotoGP Mandalika 2025. Dengan Thailand menjadi seri pembuka, ada spekulasi bahwa MotoGP Indonesia akan menjadi seri kedua dalam kalender MotoGP 2025.

Biasanya, musim MotoGP dibuka di Qatar, tetapi dengan adanya perubahan ini, Lusail diperkirakan akan mundur menjadi seri ketiga.

"Kami sangat gembira mengumumkan bahwa pembuka musim 2025 dan 2026 adalah Grand Prix Thailand di Buriram. Asia Tenggara adalah salah satu pasar terpenting kami, baik untuk olahraga ini maupun untuk pabrik dan mitra kami," ungkap CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta. 

"Thailand memainkan peran utama dalam hal itu dan semangatnya terlihat jelas dari kerumunan besar yang kami nikmati di Buriram setiap tahun," tambah Ezpeleta.

Baca Juga: Liberty, Pemilik Motor Baru MotoGP Bakal Hapus Umbrella Girl

Sejak MotoGP Thailand pertama kali digelar pada tahun 2018, lebih dari 800.000 penggemar telah memadati sirkuit tersebut untuk menyaksikan balapan.

Gubernur Otoritas Olahraga Thailand, Dr. Gongsak Yodmani, juga menyatakan bahwa menjadi tuan rumah pembuka musim MotoGP membawa banyak manfaat.

"Hal itu dapat membuka banyak peluang penting untuk merangsang ekonomi dan menghasilkan pendapatan besar sejalan dengan kebijakan sportourism," ujarnya.

"Salah satu faktor yang akan membuat musim 2025 menjadi sangat menarik adalah pergerakan pembalap yang signifikan antartim," ungkap Yodmani. Ini tentunya akan menarik perhatian penggemar di seluruh dunia, yang sudah tidak sabar untuk melihat pembalap favorit mereka mengendarai motor baru di Sirkuit Internasional Chang.

Selain itu, Dorna Sports berencana untuk mempromosikan pembukaan musim secara luas.

"Ini akan meningkatkan visibilitas putaran Thailand dan menjadikannya sebagai tujuan yang wajib dikunjungi bagi penggemar MotoGP dari seluruh dunia," tambah Yodmani.

Dengan semua perubahan dan pengumuman ini, MotoGP 2025 di Thailand pastinya akan menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Jangan lupa untuk terus mengikuti berita terbaru seputar Thai Grand Prix.

Baca Juga: Spekulasi MotoGP, Marc Marquez tinggalkan Honda untuk Ducati