Perenang Asal Amerika Pingsan Dan Tidak Bernapas Saat Bertanding Di Kejuaraan Dunia

Perenang wanita artistik asal Amerika Serikat, Anita Alvarez pingsan dan tidak bernapas ketika bertanding di Kejuaraan Dunia Akuatik.

Perenang Asal Amerika Pingsan Dan Tidak Bernapas Saat Bertanding Di Kejuaraan Dunia
Perenang wanita artistik asal Amerika Serikat, Anita Alvarez pingsan dan tidak bernapas ketika bertanding di Kejuaraan Dunia Akuatik. Gambar : AFP/Dok. Oli Scarff

BaperaNews - Perenang wanita artistik asal Amerika Serikat, Anita Alvarez pingsan dan tidak bernapas ketika bertanding di Kejuaraan Dunia Akuatik pada Rabu 22 Juni 2022 di Budapest, Hongaria. Perenang itu pun diselamatkan oleh pelatihnya, Andrea Fuentes dengan dibopong dari dasar kolam.

Anita secara mendadak pingsan dan tidak bernapas hingga tenggelam ke dasar kolam setelah menyelesaikan pertandingan renang solo gaya bebas di laga final. “Itu ketakutan besar, saya harus menyelam karena penjaga pantai tak melakukannya” ujar Andrea.

Andrea yang saat kejadian memakai celana pendek dan kaos langsung menyelam ke dasar kolam dan mengangkat si perenang tersebut sampai permukaan, kemudian dibantu perenang lain untuk dibawa ke tepi kolam. “Saya takut karena melihatnya tidak bernapas, tapi sekarang dia baik-baik saja” imbuhnya.

Pelatih menyelamatkan Anita ketika sudah tenggelam. Gambar :  AFP/Dok. Oli Scarff

Anita pun ditandu ke pusat pelayanan medis di dekat kolam renang, rekan satu timnya dan penggemar yang menonton syok di tepi kolam renang. Tim renang AS merilis pernyataan dan mengabarkan Anita kini dalam keadaan selamat dan baik-baik saja.

Baca Juga : Jelang Motogp Belanda 2022, Legenda MotoGP Ceritakan Tentang Kematian Ke Marc Marquez

Andrea menjelaskan, Anita pingsan hingga tidak bernapas karena berusaha terlalu keras ketika berenang. “Dia kemasukan air di paru-parunya, begitu dia mulai bernapas semuanya baik-baik saja” terangnya.

“Rasanya seperti satu jam penuh, saya bilang ada yang tidak beres, saya teriak pada penjaga pantai untuk masuk ke dalam kolam, tapi mereka tidak menangkap apa yang telah saya katakan atau mereka tidak mengerti. Dia tidak bernapas, saya masuk secepat mungkin seolah itu final olimpiade” tuturnya.

Gambar :  AFP/Dok. Oli Scarff

Andrea pun menjelaskan, karena kejadian ini, perenang tersebut alias Anita harus beristirahat dulu pada hari Kamis kemarin 23 Juni 2022, sedangkan hari ini Jumat 24 Juni 2022 masih ada jadwal pertandingan lanjutan, diharapkan Anita bisa mengikutinya dengan baik setelah ada izin dari pihak medis.

Anita saat ini sedang bertanding di Kejuaraan Dunia yang ketiga baginya, ia sebelumnya juga pernah pingsan ketika bertanding renang di babak Kualifikasi Olimpiade Barcelona tahun 2021 lalu. “Dia harus istirahat, besok dia akan istirahat sepanjang hari dan dia akan baik-baik saja untuk final tim” tutupnya.

Namun, belum ada kabar dari Andrea apakah hari Jumat ini Anita bisa ikut pertandingan Kejuaraan Dunia atau masih harus istirahat. Setelah melihat kejadian tersebut, menjadi seorang perenang tidak mudah dan harus mempunyai fisik yang kuat agar tidak terjadi apa-apa.