Pol Espargaro Kecelakaan Hingga Cedera Serius di FP2 MotoGP Portugal

Pembalap dari GasGas, Pol Espargaro mengalami kecelakaan hebat hingga cedera serius pada momen FP2 MotoGP Portugal 2023.

Pol Espargaro Kecelakaan Hingga Cedera Serius di FP2 MotoGP Portugal
Pol Espargaro Kecelakaan. Gambar : AFP/Dok. Mohd Rasfan

BaperaNews - Pol Espargaro kecelakaan hebat di ajang MotoGP Portugal 2023 pada Jumat (24/3). Pada momen FP2, Pol Espargaro mengalami kecelakaan hebat hingga membuatnya mengalami cedera serius dan harus dibawa ke rumah sakit untuk mendapat perawatan.

Pembalap dari GasGas tersebut kecelakaan high side di tikungan 10 pada FP2 (sesi latihan bebas kedua) di Sirkuit Portimao Portugal.

Belum diketahui Pol Espargaro mengalami cedera hebat karena melakukan kontak dengan sisi penghalang trek, karena terpental dari gravel sirkuit, atau karena tertabrak motornya sendiri.

Pol Espargaro kecelakaan dikabarkan mengalami retak tulang rahang, retak tulang dorsal vertebra, dan mengalami luka di paru-parunya.

Setelah kecelakaan hebat tersebut, Pol Espargaro segera dilarikan ke RS di kota Faro. Kepala Medis MotoGP Angel Charte menyebut Pol mengalami sejumlah cedera, namun secara neurologis kondisinya masih baik, tidak ada cedera leher.

“Saat Pol Espargaro kecelakaan, ia masih sadar, bisa waspada dan merespon. Dia terbius dengan obat penghilang rasa sakit yang kami berikan. Dia bisa menggerakkan kaki dan tangan dengan baik. Tidak ada alasan untuk takut pada cedera tulang belakang yang menetap” tutur Charte.

Baca Juga : Mesut Özil Resmi Pensiun Dari Sepakbola

Pol Espargaro mungkin mengalami patah tulang, namun dipastikan bukan patah tulang yang permanen, kondisi kesehatannya diperkirakan bisa membaik seiring dengan pengobatan yang diberikan.

Augusto Fernandez, teman setim Pol menyebut kondisi Pol masih stabil setelah kecelakaan. “Saya pikir dia bisa keluar dari bahaya besar.

Dia baik-baik saja, mari berharap agar dia sembuh dengan cepat. Itu kecelakaan yang aneh, tidak normal untuk celaka di daerah itu, terlalu dini untuk sebuah tikungan” tutur Augusto.

Kecelakaan Pol membuat bendera red flag dikibarkan dan latihan bebas sesi kedua dihentikan. Pembalap yang tercepat di MotoGP Portugal 2023 kali ini ialah Jack Miller dari KTM. Sedangkan 10 besar pembalap yang lolos Q2 ialah :

  • Jack Miller
  • Maverick Vinales
  • Francesco Bagnaia
  • Luca Marini
  • Jorge Martin
  • Fabio Quartararo
  • Johann Zarco
  • Marco Bezzecchi
  • Aleix Espargaro
  • Enea Bastianini

Balap utama MotoGP Portugal 2023 akan dilaksanakan pada Minggu 26 Maret 2023 mulai pukul 15.45 WIB, dengan adanya kecelakaan hebat ini, dipastikan Pol Espargaro akan absen. Lekas sembuh Pol Espargaro!

Baca Juga : Liga Inggris Izinkan Pemain Muslim Buka Puasa Saat Sedang Bertanding