Paus Fransiskus Tiba di Istana Negara Bertemu Presiden Jokowi

Paus Fransiskus datang ke istana negara disambut Presiden Jokowi dan upacara.

Paus Fransiskus Tiba di Istana Negara Bertemu Presiden Jokowi
Paus Fransiskus Tiba di Istana Negara Bertemu Presiden Jokowi. Gambar : Tangkapan Layar Youtube/ Sekretariat Presiden

BaperaNews - Pemimpin Gereja Katolik dunia, Paus Fransiskus, tiba di Istana Merdeka Jakarta untuk bertemu dengan Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Rabu (4/9).

Kedatangan Paus Fransiskus ini merupakan momen bersejarah, mengingat ini adalah kunjungan pertama Paus ke Indonesia setelah 35 tahun, sejak Paus Yohanes Paulus II berkunjung pada 1989.

Paus Fransiskus tiba di Jakarta disambut upacara kenegaraan. Beliau datang menggunakan mobil Toyota Kijang Innova Zenix berpelat SCV 1 sekitar pukul 09.36 WIB.

Kedatangannya diawali dengan iringan pasukan Marching Band Paspampres, pasukan berkuda, serta pasukan berpakaian adat Nusantara yang turut mengiringi dari Monas menuju halaman Istana Merdeka.

Sejumlah anak-anak berpakaian adat Nusantara juga turut menyambut dengan semangat, sambil meneriakkan "Selamat datang di Indonesia." Tidak hanya itu, upacara tersebut juga disertai lagu kebangsaan dari kedua negara serta dentuman meriam.

Presiden Jokowi langsung menyambut Paus Fransiskus setibanya di Istana. Keduanya menuju halaman Istana Merdeka untuk melanjutkan rangkaian acara resmi.

Dalam penyambutan ini, hadir pula beberapa menteri, seperti Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang sekaligus Presiden Terpilih, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Baca Juga: Paus Fransiskus Tiba di Jakarta, Tolak Pakai Mobil Mewah Lebih Pilih Dijemput Innova Zenix

Setelah pertemuan dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Paus Fransiskus memiliki serangkaian agenda lainnya di Jakarta. Salah satu yang paling dinanti adalah pertemuan pribadi dengan anggota Serikat Jesus (Society of Jesus) di Kedutaan Besar Vatikan pada pukul 11.30 WIB.

Selain itu, Paus juga dijadwalkan untuk bertemu dengan uskup, imam, diakon, pelaku hidup bakti, seminaris, serta katekis di Gereja Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga, Jakarta pada pukul 16.30 WIB.

Puncak dari kegiatan hari ini adalah pertemuannya dengan para pemuda dari Scholas Occurantes di Youth Center Graha Pemuda, Senayan pada pukul 17.35 WIB. Pertemuan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan apostolik Paus Fransiskus di Indonesia, yang berlangsung dari tanggal 3 hingga 6 September.

Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi oleh Paus Fransiskus dalam tur apostoliknya di kawasan Asia-Pasifik. Setelah Indonesia, Paus akan melanjutkan kunjungannya ke Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura. 

@baperanews.com

Pemimpin Gereja Katolik dunia, Paus Fransiskus, tiba di Istana Merdeka Jakarta untuk bertemu dengan Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Rabu (4/9). Kedatangan Paus Fransiskus ini merupakan momen bersejarah, mengingat ini adalah kunjungan pertama Paus ke Indonesia setelah 35 tahun, sejak Paus Yohanes Paulus II berkunjung pada 1989. #pausfransiskus ♬ suara asli - BAPERA NEWS

Baca Juga: Polri Perkirakan Sebanyak 90 Ribu Orang Akan Ikut Misa Akbar Paus Fransiskus