Polri Perkirakan Sebanyak 90 Ribu Orang Akan Ikut Misa Akbar Paus Fransiskus

Polri memprediksi hingga 90.000 jemaat akan menghadiri Misa Akbar yang dipimpin Paus Fransiskus di GBK Jakarta pada Kamis (5/9). Pengamanan ketat disiapkan.

Polri Perkirakan Sebanyak 90 Ribu Orang Akan Ikut Misa Akbar Paus Fransiskus
Polri Perkirakan Sebanyak 90 Ribu Orang Akan Ikut Misa Akbar Paus Fransiskus. Gambar : Dok.Viva

BaperaNews - Polri memperkirakan sekitar 86.000 hingga 90.000 orang akan menghadiri Misa Akbar yang dipimpin oleh Paus Fransiskus di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada Kamis (5/9).

Komandan Korps Brigade Mobil (Dankorbrimob) Polri, Komjen Pol Imam Widodo, mengimbau agar semua peserta memastikan dalam kondisi sehat untuk menghindari masalah kesehatan di tengah ribuan jemaat.

"Imbauan kami kepada umat yang hadir adalah untuk benar-benar dalam kondisi sehat. Kita mengantisipasi kehadiran sekitar 86.000 orang untuk Misa Akbar tersebut," ujar Imam Widodo dalam keterangan pers pada Senin (2/9).

Imbauan ini ditujukan untuk meminimalisir risiko kesehatan, mengingat banyaknya tamu undangan yang berusia di atas 50 tahun.

Pengamanan acara ini melibatkan kerja sama antara Polri dan TNI. Selain mengatur keamanan fisik, pihak berwenang juga mempersiapkan langkah-langkah untuk menangkal ancaman serangan siber.

Baca Juga: Pemerintah Imbau WFH Saat Paus Frasiskus Datang pada 5 September 2024

"Kami sudah menyiapkan langkah-langkah pengamanan termasuk terhadap ancaman siber. Kami bekerja sama dengan TNI untuk memastikan acara ini aman dan berjalan lancar," tambah Imam Widodo.

Polri berharap semua persiapan ini dapat menjaga keselamatan dan keamanan selama acara berlangsung.

"Kami berupaya agar semuanya aman, sukses, dan lancar karena ini merupakan pertaruhan bagi bangsa Indonesia," tandasnya.

Misa Akbar Paus Fransiskus ini menjadi salah satu acara besar yang menarik perhatian nasional, dan pihak berwenang memastikan berbagai langkah diambil untuk menjamin kelancaran acara. 

Baca Juga: Kemenlu Sebut Paus Fransiskus Akan Datang ke Indonesia Selama 3 Hari