Kemenlu Sebut Paus Fransiskus Akan Datang ke Indonesia Selama 3 Hari

Paus Fransiskus akan melakukan kunjungan tiga hari ke Indonesia pada September 2024 dalam rangkaian kunjungan ke Asia Pasifik. Baca selengkapnya di sini!

Kemenlu Sebut Paus Fransiskus Akan Datang ke Indonesia Selama 3 Hari
Kemenlu Sebut Paus Fransiskus Akan Datang ke Indonesia Selama 3 Hari. Gambar : Vatican Media

BaperaNews - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) telah mengumumkan jadwal kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia pada September 2024. Pemimpin Gereja Katolik tersebut dijadwalkan akan tiba di Indonesia pada tanggal 3 September 2024 dan akan berada di Tanah Air selama 3 hari, hingga tanggal 6 September 2024.

Kunjungan ini menjadi bagian dari rangkaian kunjungan Paus Fransiskus ke kawasan Asia Pasifik, yang juga meliputi Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura.

Paus Fransiskus datang ke Indonesia sebagai respons atas undangan yang telah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Duta Besar Takhta Suci Vatikan di Jakarta pada Senin (25/3).

Menurut Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, surat pemberitahuan resmi terkait rencana kunjungan Paus Fransiskus telah diterima oleh pemerintah Indonesia dari otoritas Vatikan. Hal ini menjadi konfirmasi bahwa Paus Fransiskus akan benar-benar hadir di Indonesia pada tanggal 3 September 2024.

Persiapan untuk menyambut kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia saat ini sedang intens dilakukan oleh pemerintah bersama dengan Takhta Suci Vatikan dan pihak terkait lainnya.

Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia dinilai memiliki makna yang sangat bersejarah. Sebagai negara dengan sejarah panjang dalam hubungan dengan Takhta Suci, kunjungan ini diharapkan dapat memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Vatikan.

Baca Juga: Paus Fransiskus Akan Datang ke Indonesia pada 3 September

Michael Trias Kuncahyono, Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh Indonesia untuk Takhta Suci Vatikan, menegaskan pentingnya kunjungan ini dalam memperkuat pesan toleransi, persatuan, dan perdamaian dunia.

Rencana kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia sebelumnya telah tertunda pada tahun 2020 akibat pandemi Covid-19.

Namun, kunjungan ini kini dijadwalkan kembali pada September 2024, menjadikan Paus Fransiskus sebagai Paus ketiga yang mengunjungi Indonesia. Sebelumnya, Paus Paulus VI datang pada tahun 1970 dan Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1989.

Perjalanan apostolik Paus Fransiskus ke kawasan Asia Pasifik akan dimulai dari Indonesia pada tanggal 3 September 2024. Setelah mengunjungi Indonesia, Paus Fransiskus akan melanjutkan perjalanan ke Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura dalam rangkaian kunjungannya yang ke-43 ke luar negeri.

Baca Juga: Paus Fransiskus Beri Pesan Paskah Mengenai Kekerasan