Paus Fransiskus Tiba di Jakarta, Tolak Pakai Mobil Mewah Lebih Pilih Dijemput Innova Zenix

Paus Fransiskus memilih menggunakan Toyota Kijang Innova Zenix dalam kunjungannya ke Indonesia pada September 2024.

Paus Fransiskus Tiba di Jakarta, Tolak Pakai Mobil Mewah Lebih Pilih Dijemput Innova Zenix
Paus Fransiskus Tiba di Jakarta, Tolak Pakai Mobil Mewah Lebih Pilih Dijemput Innova Zenix. Gambar : Reuters/Guglielmo Mangiapane

BaperaNews - Paus Fransiskus memilih untuk menggunakan mobil yang lebih merakyat saat mengunjungi Indonesia, yang berlangsung dari 3 hingga 6 September 2024.

Dalam kunjungan ini, beliau menggunakan Toyota Kijang Innova Zenix, sebuah pilihan yang cukup berbeda dari kebiasaan kepala negara lainnya yang sering kali menggunakan mobil mewah atau mobil antipeluru.

Keputusan Paus Fransiskus ini tentu mengejutkan banyak orang. Sebagai pemimpin Takhta Suci vatikan dan pemimpin tertinggi umat katolik di seluruh dunia, banyak yang mengharapkan beliau menggunakan kendaraan yang lebih mewah. 

"Paus memilih mobil biasa, bukan mobil mewah, karena ia seorang yang sangat sederhana. Ia menjalankan apa yang diyakini," jelas Wakil Koordinator Media Panitia Kunjungan Paus Fransiskus, Anthonius Gregorius.  

Meski menggunakan mobil yang biasa, pengamanan untuk kunjungan Paus Fransiskus tetap menjadi prioritas. Pihak TNI-Polri telah menyiapkan pengamanan berlapis dengan mengerahkan sekitar 4.000 personel gabungan.

Mereka berasal dari TNI, Polri, Paspampres, BSSN, BNPT, BNPB, dan Pemda, yang semuanya siap menjaga keamanan selama kunjungan berlangsung.

Tidak hanya itu, Paus Fransiskus juga memilih untuk terbang dengan pesawat komersil milik ITA Airways, maskapai nasional Italia. Pesawatnya terbang dari Roma ke Indonesia pada 2 September 2024, menggunakan ITA A330neo.

Baca Juga: Polri Perkirakan Sebanyak 90 Ribu Orang Akan Ikut Misa Akbar Paus Fransiskus

Menurut rilis dari ITA Airways, Paus berangkat dari Terminal 5 Bandara Fiumicino Roma (FCO) pada pukul 17.15 waktu setempat dan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta (CGK) pada pukul 11.30 waktu setempat keesokan harinya.

Setibanya di Jakarta pada 3 September 2024, Paus Fransiskus memiliki jadwal yang sangat padat. Beliau akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, mengunjungi Gereja Katedral, dan menyambangi Masjid Istiqlal.

Puncak dari kunjungan ini adalah misa Agung yang akan diadakan di Gelora Bung Karno (GBK) pada 5 September 2024. Kegiatan ini tentu menjadi momen bersejarah bagi umat Katolik dan masyarakat Indonesia.

Menanggapi penggunaan Kijang Innova Zenix oleh Paus Fransiskus, PT Toyota Astra Motor (TAM) memberikan respons positif. Marketing Director Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, mengungkapkan rasa bangga mereka.

"Kami sangat menghargai keputusan Paus Fransiskus yang menggunakan Kijang Innova Zenix. Ini menunjukkan bahwa mobil ini dapat diandalkan untuk berbagai kebutuhan," ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa Kijang Innova Zenix merupakan produk lokal dengan tingkat kandungan dalam negeri lebih dari 80%.

Anton berharap kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia dapat berjalan lancar tanpa ada halangan, baik saat melakukan kegiatan maupun saat mobilisasi dengan Kijang Innova Zenix. 

Baca Juga: Kemenlu Sebut Paus Fransiskus Akan Datang ke Indonesia Selama 3 Hari