Daftar Aturan Baru Pangeran MBS Terkait Ramadhan 2023, Dilarang Menyiarkan Shalat?

Pangeran Mohammed bin Salman (MbS) baru-baru ini merilis kebijakan baru tentang ibadah bulan Ramadhan. Berikut daftar aturan baru Ramadhan 2023 di Arab Saudi.

Daftar Aturan Baru Pangeran MBS Terkait Ramadhan 2023, Dilarang Menyiarkan Shalat?
Aturan Baru Pangeran MBS Terkait Ramadhan 2023. Gambar : Reuters/Dok. Jacquelyn Martin

BaperaNews - Pangeran Mohammed bin Salman (MbS) putra mahkota Raja Arab Saudi baru-baru ini merilis kebijakan baru tentang ibadah bulan Ramadhan.

Salah satunya adalah larangan media menyiarkan Jemaah ketika sedang shalat, baik itu dalam bentuk foto atau video dan menghimbau anak-anak tidak masuk ke masjid ketika waktu shalat.

Menurut banyak pihak, keputusan Pangeran MbS terlalu kontroversial. Penasaran apa saja aturan baru MbS terkait Ramadhan 2023? Berikut daftar aturan baru Ramadhan 2023 di Arab Saudi.

Aturan Baru Ramadhan 2023 Arab Saudi

1. Dilarang Menyiarkan Shalat

Kebijakan tentang larangan menyiarkan shalat merupakan salah satu aturan Pangeran Mbs terkait Ramadhan 2023 yang diatur di Surat Edaran Menteri Urusan Islam, Bimbingan, dan Dakwah Arab Saudi Abdullah Al Sheikh pada minggu lalu. 

“Surat edaran ini menekankan pentingnya kontrol pemasangan kamera di dalam masjid. Tidak memakai kamera untuk memotret Jemaah maupun imam ketika sedang shalat, tidak menyebarkan atau menyiarkan kegiatan shalat melalui media apapun” bunyi cuplikan SE tersebut.

Namun tidak dijelaskan lebih detail tentang aturan penyiaran shalat di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram. Pada tahun 2022 lalu, publik Arab Saudi sempat geger usai Arab Saudi memutuskan untuk hentikan siaran langsung ibadah dari Masjidil Nabawi dan Masjidil Haram selama Ramadhan.

Baca Juga : Kemenag dan Arab Saudi Berlakukan Visa Bio untuk Jemaah Haji 2023

Namun Arab Saudi memastikan akan tetap siarkan secara langsung shalat di dua masjid suci umat islam tersebut, sedangkan dalam SE terbaru untuk ramadhan 2023 ini pihak Kerajaan Arab Saudi meminta buka puasa dilakukan di area yang telah ditentukan di bagian halaman masjid.

2. Dilarang Bawa Anak Ke Dalam Masjid

Aturan kedua ialah Jemaah dihimbau untuk tidak ke masjid ketika shalat sebab dianggap bisa mengganggu Jemaah ketika beribadah yang dikhawatirkan membuat Jemaah kurang khusyu’.  

Aturan ini menjadi kontroversi mengingat dalam islam disebut anak-anak hendaknya diperkenalkan dengan ibadah sejak dini termasuk ibadah shalat berjamaah di masjid dengan tetap memberi arahan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di masjid.

Diharapkan dengan membiasakan membawa anak-anak ke masjid dan mengajak mereka shalat disana, akan jadi kebiasaan dan amal baik mereka hingga mereka dewasa.

3. MbS Meminta Imam Mengontrol Jemaah

Adapun aturan MbS khusus Ramadhan juga meminta imam mengontrol Jemaah yang ingin i'tikaf atau berdiam diri di masjid, agar tidak berbuat pelanggaran, meminta pelayan masjid sering membersihkan dan menjamin masjid dalam kondisi aman terutama di ruang ibadah perempuan, dan meminta imam dan muadzin selalu hadir saat Ramadhan namun boleh meninggalkan pekerjaan itu jika ada kebutuhan yang mendesak. 

Melansir Kementerian Urusan Agama Islam Arab Saudi, Berikut daftar aturan Ramadhan 2023 MbS

Detail Aturan Baru MbS Ramadhan 2023 
  • Imam dan muadzin tak boleh absen kecuali jika ada hal mendesak.
  • Shalat tarawih malam hari tidak diperpanjangkan.
  • Menyelesaikan shalat tahajud di 10 hari terakhir ramadhan sebelum adzan subuh.
  • Shalat dalam waktu cukup, tidak memberatkan Jemaah.
  • Dilarang membawa kamera ke masjid, dilarang memotret atau memvideo imam dan Jemaah.
  • Tidak mentransmisi hal terkait masjid dan menyiarkan di media manapun.
  • Melarang masjid kumpulkan sumbangan untuk mengatur makan buka puasa.
  • Makanan disiapkan di luar area masjid yang ditentukan, bukan di dalam masjid.
  • Batasi pengeras suara untuk adzan.
  • Orang tua dihimbau tidak membawa anak-anaknya ke masjid untuk shalat.

Baca Juga : Diberikan Selama 3 Bulan, Bansos Ramadhan 2023 Akan Dapat Beras 10 Kg