Imbas Permasalahan E-Materai, Pendaftaran CPNS Diperpanjang sampai 10 September

Pendaftaran CPNS 2024 resmi diperpanjang hingga 10 September 2024 karena masalah e-meterai.

Imbas Permasalahan E-Materai, Pendaftaran CPNS Diperpanjang sampai 10 September
Imbas Permasalahan E-Materai, Pendaftaran CPNS Diperpanjang sampai 10 September. Gambar : Dok. Menpanrb

BaperaNews - Pemerintah resmi memperpanjang proses pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hingga 10 September 2024.

Keputusan ini diambil karena adanya masalah terkait pembelian e-meterai yang menjadi syarat penting dalam pendaftaran CPNS 2024

Perpanjangan proses pendaftaran tersebut disampaikan oleh Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN), Suharmen, pada Kamis, (5/9).

"Inshaa Allah akan ada perpanjangan sampai tanggal 10 September 2024," ungkap Suherman.

Sebelumnya, pendaftaran CPNS direncanakan berakhir pada 6 September 2024, namun masalah yang muncul menyebabkan banyak calon pelamar merasa khawatir dan mulai mengajukan protes.

Permasalahan yang terjadi berfokus pada pembelian e-meterai, yang merupakan salah satu syarat penting dalam pendaftaran CPNS 2024. Suharmen menjelaskan bahwa Direktur Utama Perum Peruri, Dwina Septiani Wijaya, telah memberikan penjelasan mengenai situasi ini.

"Berdasarkan penjelasan Direktur Peruri tadi pagi ke saya, semalam sudah aktif tiga reseller dari tujuh reseller yang ada di Peruri," ungkapnya. 

Baca Juga: Panduan Memeriksa Akreditasi BAN-PT untuk Kampus dan Jurusan bagi Peserta CPNS 2024!

Di media sosial, nama "Peruri" menjadi trending topik dengan lebih dari 18 ribu cuitan. Banyak pengguna yang mengungkapkan kekecewaannya terkait masalah e-meterai ini.

"Lahh kocak.. Gue udah bayar e-materai nya ini gimana seehhhh? gue beli 5 ya.. Dikira duit gue banyak apaa heehhh.. Peruri kalo ngga siap ngga usah ngadain e-materai segala.. Mending tempel materai beli di kantor pos aja dah," ungkap salah satu netizen. 

Selain itu, keluhan juga datang dari pengguna lain yang merasa kurang mendapatkan informasi mengenai proses antrean di website.

"Halo @materaiid @peruri_id kami antri ga masalah, tapi minimal kasih kami info, kami dapet nomor antrean ke berapa? waktu tunggu kurang berapa lama lagi? saya membubuhkan e-meterai selasa, 03/09/2024 pukul 12.09 - 13.04 WIB tapi sampai saat ini status tetap PROSES," tulis netizen tersebut. 

Dengan perpanjangan pendaftaran CPNS hingga 10 September 2024, diharapkan calon pelamar dapat memanfaatkan waktu tambahan ini untuk menyelesaikan proses pendaftaran mereka. 

Baca Juga: Simak Jadwal Seleksi dan Cara Buat Akun SSCASN CPNS 2024!