Usai Brasil Blokir X, Pengguna Bluesky Tembus 9 Juta

Bluesky meraih 9 juta pengguna setelah pemerintah Brasil memblokir X.

Usai Brasil Blokir X, Pengguna Bluesky Tembus 9 Juta
Usai Brasil Blokir X, Pengguna Bluesky Tembus 9 Juta. Gambar : Istimewa

BaperaNews - Bluesky kini semakin populer dengan mengklaim telah mencapai 9 juta pengguna. Capaian ini diumumkan pada awal September dan menunjukkan pertumbuhan yang cukup tinggi, terutama setelah pemerintah Brasil mulai memblokir akses ke X/Twitter

"Pagi ini, Bluesky mendapat tiga juta pengguna baru yang membuat total pengguna kami mencapai 9 juta. Selamat datang semuanya! Kami senang kalian di sini (dan ya, fitur video akan segera hadir)," pengumuman dari pihak Bluesky, yang diunggah melalui akun resmi @bsky.app.

Sejak pemblokiran akses X di Brasil, unduhan Bluesky meningkat pesat. Menurut laporan dari Sensor Tower, Bluesky menjadi aplikasi paling banyak diunduh di Brasil, terutama sejak akhir Agustus.

Posisi Bluesky melesat 26 angka di Apple Store dan meroket 110 angka di Google Play Store. Meskipun kini posisinya turun ke urutan kedua di kedua platform tersebut, pertumbuhan yang pesat di Brasil tetap menjadi sorotan.

Dalam blog resminya, Bluesky mengungkapkan bahwa 85 persen dari 2,6 juta pengguna baru berasal dari Brasil.

"Komunitas kami telah tumbuh secara organik dan penuh dengan kreator, artis, jurnalis, politisi, dan masih banyak lainnya. Pengguna Brasil di Bluesky telah sadar bahwa mereka menerima engagement yang jauh lebih berkualitas tinggi di Bluesky dibanding platform lainnya," tulis mereka. 

Baca Juga: iPhone 16 Rilis, Huawei Tak Ketinggalan Rilis HP Layar Lipat Tiga Pertama di Dunia

Namun, pertumbuhan Bluesky tidak terlepas dari situasi yang dialami X. Akhir Agustus lalu, regulator telekomunikasi Brasil mulai memblokir akses ke X setelah Mahkamah Agung memerintahkan penangguhan platform tersebut.

Perselisihan antara Musk dan pemerintah Brasil ini sudah berlangsung sejak awal tahun 2024, ketika hakim Alexandre de Moraes menganggap X menyebarkan ujaran kebencian dan disinformasi.

Karena X menolak untuk mematuhi perintah pengadilan, Moraes menjatuhkan denda sebesar 3 juta dollar AS. Sebagai respons, X memilih untuk menutup kantornya di Brasil, meskipun layanan mereka masih bisa diakses hingga akhirnya diblokir.

Situasi semakin rumit ketika Moraes menangguhkan rekening Starlink untuk menekan X agar membayar denda.

Starlink kemudian mengajukan petisi ke pengadilan agar rekeningnya dibuka kembali, dengan alasan bahwa penangguhan tersebut ilegal. Namun, pengadilan menolak permohonan tersebut, dan Starlink akhirnya mengajukan banding ke Mahkamah Agung Brasil.

Meskipun beberapa penyedia layanan internet di Brasil telah memblokir X, Starlink baru mematuhi pemblokiran tersebut setelah sempat menolak untuk melakukannya.

Kini, semua penyedia layanan telekomunikasi di Brasil telah memblokir akses ke X, sesuai dengan permintaan regulator. Dengan semakin banyaknya pengguna yang beralih ke Bluesky, platform ini semakin mengukuhkan posisinya sebagai alternatif yang menarik bagi pengguna media sosial di Brasil.

Baca Juga: iOS 18 Akan Rilis 16 September 2024!