Mau Tau Apa Arti Nama HP Nokia? Ini Loh Arti Sebenarnya

Handphone yang sempat berstatus sebagai ponsel terlaris di seluruh dunia sebelum masa Android Berjaya, simak arti nama Nokia.

Mau Tau Apa Arti Nama HP Nokia? Ini Loh Arti Sebenarnya
Arti nama dari ponsel Nokia. Gambar : Unsplash.com/Dok. Isaac Smith

BaperaNews - Nokia ialah perusahaan telekomunikasi ternama, dulu sempat berstatus sebagai pembuat ponsel terlaris dan terbesar di dunia. Nokia N-Gage, Nokia 7610, Nokia 3310, Nokia E7, dan Nokia N73 ialah deretan ponsel Symbian terlaris di jamannya, sebelum masa Android Berjaya.

Nokia sebelumnya sempat dinyatakan bangkrut, produknya yang fokus pada Symbian tergerus oleh iOS dan Android.

“Kami tidak melakukan suatu hal yang salah, tapi entah bagaimana kami kalah” demikian kata terakhir yang diucapkan CEO Nokia Jorma Olila.

Ponsel Android seperti Oppo, Xiaomi, dan Samsung merebut pasar dunia, juga iOS oleh iPhone. Kini Nokia kembali berdiri, di bawah naungan HMD Global OY yang sebelumnya memegang merk asli Nokia.

Nokia kini juga membuat ponsel Android. Sejumlah ponsel keluaran terbarunya pada Juli 2022 diantaranya Nokia C21, Nokia G11, Nokia X100, Nokia G300, dan Nokia G50.

Nokia kembali mencoba mendapatkan lagi tempat di hati pengguna ponsel seluruh dunia dengan mengikuti kebutuhan dan tren terkini yakni dengan Android.

Kalian semua tahu tidak arti dari nama Nokia? Kalau belum tahu, Simak penjelasannya yuk

Nokia didirikan pada tahun 1865 atau hampir seabad lalu oleh seorang engineer berkebangsaan Swedia dan Finlandia, Fredrik Idestam.

Awalnya Nokia ialah pabrik bubur kertas, pada tahun 1868, pabrik kedua dibuka di kota bernama Nokia, dari sinilah nama tersebut berasal, yakni dari nama kota tempat pabrik didirikan.

Pada tahun 1871, Idestam bersama rekannya Leo Mechelin membuat perusahaan patungan dan diberi nama Nokia. Arti nama Nokia sendiri tidak bisa dipastikan. Dalam bahasa Finlandia, Noki artinya jelaga dan Nokia ialah bentuk kata jamak yang sangat jarang dipakai.

Kata Nokia juga berasal dari kata Finlandia kuno yaitu nokinaata atau nois yang artinya musang kecil, setelah musang kecil punah di Negara tersebut, sebutan nois diaplikasikan untuk hewan yang berbulu hitam.

Namun dalam penelitian selanjutnya, musang kecil ternyata dinyatakan tidak pernah hidup di Finlandia, sehingga nois berubah rujukannya pada hewan berang-berang. Jadi, nama Nokia memang tidak merujuk pada hak khusus.

Berbeda dengan Samsung yang punya arti jelas yakni tiga bintang atau Xiaomi yang artinya beras kecil. Mungkin karena Nokia sudah didirikan dalam waktu yang sangat lama sehingga pembuatnya tidak terlalu memikirkan arti nama Nokia pada produknya.

Baca Juga : Kekayaan Intelektual: Konten Di YouTube Bisa Untuk Jaminan Utang Ke Bank