Bahlil Klaim Investasi Tesla Elon Musk Masuk Di Batang Tahun Ini

Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia mengklaim Tesla pabrik mobil listrik terbesar di dunia dipastikan akan buka cabang dan berinvestasi di Batang, Indonesia pada tahun ini!

Bahlil Klaim Investasi Tesla Elon Musk Masuk Di Batang Tahun Ini
Bahlil Klaim Investasi Tesla Elon Musk Masuk Di Batang Tahun Ini. Gambar: Dok. Ricardo/JPNN.com.

BaperaNews - Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia mengklaim negosiasi dengan perusahaan Tesla milik Elon Musk sudah masuk tahap final, Tesla yang merupakan pabrik mobil listrik terbesar di dunia tersebut dipastikan akan buka cabang dan berinvestasi di Indonesia pada tahun 2022 ini.

“Kalau ditanya kapan masuknya InsyaAllah tahun 2022 ini” ujar Bahlil saat membuka acara Road To G20 di Solo hari Rabu 18 Mei 2022. Namun ia belum merinci lebih jauh tentang rencana investasi tersebut, sebab, belum dibuat perjanjian atau kontrak secara resmi terkait Tesla dan Indonesia.

“Saya belum bisa umumkan bulannya, nanti tunggu ya, karena belum ada tanda tangan kesepakatan, berapa jumlah investasinya juga masih rahasia, masih nunggu” imbuhnya.

Bahlil menyebut, Tesla tidak hanya membangun pabrik mobil di Indonesia saja, namun juga akan investasi di ekosistem batu baterai mobil dimana Indonesia punya bahan baku alam melimpah yang dibutuhkan dalam proses pembuatannya.

Tesla akan membangun pabrik di kawasan Batang, Jawa Tengah, lokasinya memang sudah dilirik Tesla sejak tahun 2020.

“Saya sudah merayu Pak Menko Marinves Luhut Binsar, bahwa sebagian akan dilakukan di Jawa Tengah yakni di Batang” jelasnya.

Baca Juga: Yasonna H Laoly: Dari 75 Parpol Terdaftar, Banyak Yang Tak Jalankan Fungsi

Bahlil berharap kehadiran pabrik Tesla ini bisa membawa perubahan yang baik untuk ekonomi Jawa Tengah dimana akan ada banyak tenaga kerja yang terserap dengan adanya pabrik tersebut, pabrik Tesla juga akan bekerjasama dan merangkul SMK di sejumlah daerah.

Tidak hanya, nantinya, sumber daya manusia dari Jawa Tengah juga akan mendapat prioritas untuk bisa masuk dan dilibatkan bekerja di Tesla, dimana di kota Solo, Jawa Tengah sudah ada lokasi khusus untuk sentra pendidikan dengan vokasi produktif.

“Fasilitas pelatihan ada di Batang dan Solo juga lebih bagus, harus diakui itu, dengan kata lain, SDM di Solo punya kemampuan lebih dari SDM di Batang, dan kemudian ialah di STP (Solo Techno Park) ditrack yang paling cepat” tuturnya.

Sejumlah pabrik besar memang diketahui membuka cabang di Indonesia karena Indonesia dinilai memiliki sumber daya manusia yang cukup besar dan potensi alam yang bagus, masyarakat khususnya di wilayah Batang dan Jawa Tengah berharap adanya pabrik Tesla ini benar-benar akan membantu meningkatkan ekonomi di wilayah tersebut dan sekitarnya.

Baca Juga: MUI Soal Deportasi UAS, Singapura Sangat Ganggu Umat Islam Indonesia