Netflix Akan Tanam Investasi Rp 37,3 T Untuk Konten di Korsel

Netflix berencana investasi Netflix di Korea Selatan sebesar 2,5 Miliar dollar AS atau Rp 37,3 Triliun untuk empat tahun ke depan dengan tujuan bisa memproduksi lebih banyak konten di Korsel baik itu film, drama, atau reality show.

Netflix Akan Tanam Investasi Rp 37,3 T Untuk Konten di Korsel
Netflix Akan Tanam Investasi Rp 37,3 T Untuk Konten di Korsel. Gambar : REUTERS/Dok.Dado Ruvic

BaperaNews - Perusahaan streaming film dan video Netflix berencana investasi Netflix di Korea Selatan sebesar 2,5 Miliar dollar AS atau Rp 37,3 Triliun untuk empat tahun ke depan dengan tujuan bisa memproduksi lebih banyak konten di Korsel baik itu film, drama, atau reality show.

Diketahui sejak Kpop mendunia, bidang entertainment lain asal negara Korsel tersebut turut dikenal dunia seperti drama dan filmnya bahkan wisata dan budaya Korsel juga jadi daya tarik tersendiri.

Rencana investasi Netflix di Korea Selatan ini diumumkan langsung oleh Presiden Korsel Yoon Suk Yeol usai ia bertemu Wakil CEO Ted Sarandos di Washington, Amerika Serikat.

Jumlah rencana investasi yang diumumkan dua kali lipat lebih besar dari jumlah investasi yang pernah diumumkan oleh Netflix. Sebelumnya pada tahun 2021 Netflix mengumumkan akan investasi sebesar 500 juta dollar AS untuk konten di Korsel. Netflix telah investasi sekitar 700 juta dollar AS di Korsel sejak pertama kali lebarkan sayapnya di negara gingseng tersebut. 

Baca Juga : 10 Rekomendasi Film Kisah Nyata yang Wajib Kamu Tonton!

Netflix disebut mendapat keuntungan lebih besar dari konten Korsel dibanding konten lain dari seluruh dunia, konten dari Korsel yang paling banyak ditonton. Hal ini membuat Netflix lebih bersemangat untuk lebih banyak memproduksi konten di Korsel. Memang terbukti tontonan di Netflix yang masuk jajaran teratas penonton terbanyak sebagian besar dari Korsel, diantaranya drama The Glory, Squid Game, hingga Physical 100.

Squid Game yang bercerita tentang perjuangan mematikan untuk mendapat uang tunai besar viral di dunia pada tahun 2021, begitu pula dengan serial The Glory tentang balas dendam kepada para pembully yang baru-baru ini tayang, mencuri perhatian penonton dari seluruh dunia.

Di sisi lain, Netflix mengurangi konten Amerika Utara dan Eropa karena pertumbuhan disana melambat. Pada Januari 2023 lalu, Netflix mengumumkan sedang merencanakan membuat 34 judul konten baru untuk diluncurkan. Netflix juga menyebut 60% penontonnya menonton acara dan drama dari Korsel sepanjang tahun 2022 lalu.

Presiden Korsel Suk Yeol memperkirakan investasi Netflix di Korea Selatan tidak hanya mendatangkan keuntungan untuk Netflix saja namun juga bisa mendatangkan keuntungan bagi dunia entertainment di Korsel dimana makin banyak konten drama maupun film dibuat disana.

Baca Juga : Wow! Netflix Bocorkan Proyek Serial Animasi Stranger Things