X Diblokir di Brasil, Bluesky Kebanjiran Terima Pengguna Baru

Bluesky mencatat lonjakan pengguna hingga 2,6 juta setelah X (sebelumnya Twitter) diblokir di Brasil. Lebih dari 85% pengguna baru berasal dari Brasil.

X Diblokir di Brasil, Bluesky Kebanjiran Terima Pengguna Baru
X Diblokir di Brasil, Bluesky Kebanjiran Terima Pengguna Baru. Gambar : Istimewa

BaperaNews - Media sosial Bluesky mengalami lonjakan pengguna yang cukup tinggi setelah pemerintah Brasil memblokir akses ke X (sebelumnya Twitter) pada akhir Agustus 2024.

Bluesky melaporkan bahwa dalam beberapa hari terakhir, jumlah penggunanya meningkat hingga 2,6 juta, dengan lebih dari 85 persen dari pengguna baru berasal dari Brasil.

Bluesky mengungkapkan melalui postingan di Twitter pada Kamis (5/9), bahwa dari total peningkatan 2,6 juta pengguna, lebih dari 2 juta di antaranya adalah orang Brasil.

Lonjakan pengguna ini terjadi setelah X tidak lagi dapat diakses di Brasil. Pengguna X di negara tersebut beralih ke Bluesky sebagai alternatif.

Menurut laporan dari Engadget, setelah pemblokiran X, Bluesky mencatat lonjakan besar dalam aktivitas pengguna. Jumlah suka, post unik harian, dan pengikut unik mengalami peningkatan yang signifikan dalam periode 96 jam dari 30 Agustus hingga 2 September 2024.

Selama periode tersebut, jumlah like di Bluesky meningkat dari 13 juta menjadi 104,6 juta, jumlah pengikut bertambah dari 1,4 juta menjadi 100,8 juta, dan jumlah repost meningkat dari 1,3 juta menjadi 11 juta.

Baca Juga: Warga Brasil Bisa Didenda Rp138 Juta Kalau Nekat Akses X Pake VPN

Paul Frazee, pengembang Bluesky, memperingatkan bahwa pengguna mungkin akan menghadapi kendala teknis karena platform ini belum pernah mengalami traffic sebesar ini.

Meskipun demikian, Bluesky, yang dikembangkan oleh Jack Dorsey, mantan CEO Twitter, menunjukkan kemajuan pesat dalam pertumbuhannya.

Bluesky diluncurkan pada Oktober 2022, tak lama setelah Elon Musk menyelesaikan akuisisi Twitter. Platform ini mengalami perkembangan pesat seiring dengan pembaruan yang akan datang, termasuk fitur video yang diharapkan dapat menarik dan mempertahankan pengguna baru.

Pemblokiran X di Brasil dilakukan setelah Mahkamah Agung negara tersebut memerintahkan penangguhan akses secara nasional. Langkah ini diambil setelah Elon Musk menolak untuk menyebutkan nama perwakilan hukum di Brasil.

Sebelumnya, pengadilan Brasil telah memerintahkan pemblokiran beberapa akun X sebagai bagian dari penyelidikan terhadap penyebaran informasi salah dan ujaran kebencian yang dianggap merongrong demokrasi.

Baca Juga: Alasan Brasil Blokir X Punya Elon Musk