Biaya Admin Penjual TikTok Shop Tokopedia Alami Kenaikan hingga 10%

Tokopedia resmi menaikkan biaya admin untuk Power Merchant hingga 10%. Kenaikan ini mulai berlaku 16 September.

Biaya Admin Penjual TikTok Shop Tokopedia Alami Kenaikan hingga 10%
Biaya Admin Penjual TikTok Shop Tokopedia Alami Kenaikan hingga 10%. Gambar : Dok.Tokopedia

BaperaNews - Mulai hari ini, (16/9), Tokopedia resmi menaikkan biaya admin penjual untuk kategori Power Merchant dan Power Merchant Pro. Kenaikan ini cukup signifikan, di mana biaya admin yang sebelumnya berkisar antara 6,5% kini bisa mencapai maksimal 10%. 

Tidak hanya Tokopedia, Shopee dan Lazada juga mengambil langkah serupa dengan meningkatkan biaya admin per 1 September. 

Bagi penjual yang terdaftar sebagai Regular Merchant dan berencana untuk beralih ke status Power Merchant, mereka akan dikenakan biaya layanan Power Merchant jika telah memenuhi syarat tertentu.

“Untuk penjual Regular Merchant yang berubah status keanggotaan menjadi Power Merchant dan telah memiliki lebih dari 50 Order pada tanggal 1 Mei akan dikenakan biaya layanan Power Merchant,” jelas Tokopedia dalam laman resminya.

Berikut perubahan biaya admin berdasarkan kategori produk:

Baca Juga: PHK Ratusan Karyawan, Tokopedia Buka Suara

Kategori Produk

Per 16 September

  • Elektronik: 1.00% - 6.50% menjadi 1.00% - 10.00%
  • Fashion: 4.00% - 6.50% menjadi 4.25% - 10.00%
  • FMCG: 4.00% - 6.50% menjadi 4.25% - 10.00%
  • Gaya Hidup: 4.00% - 6.50% menjadi 2.50% - 10.00%
  • Lainnya: 1.00% - 6.50% menjadi 1.00% - 10.00%

Sub-kategori produk dengan persentase biaya layanan sebesar 10% akan mendapatkan diskon 20%. Ini berarti biaya layanan yang berlaku untuk produk-produk tersebut akan menjadi 8%.

“Semua sub-kategori produk dengan persentase biaya layanan 10% akan menikmati diskon 20%,” kata Tokopedia. Namun, mereka belum memberikan informasi lebih lanjut tentang periode diskon ini.

Perubahan biaya admin di Tokopedia ini tentunya akan memengaruhi strategi penjualan banyak merchant yang mengandalkan platform ini. Masing-masing penjual harus mempertimbangkan perhitungan biaya agar tetap bisa memberikan harga yang kompetitif bagi konsumen.

Selain itu, dengan adanya kenaikan biaya admin, para penjual di TikTok Shop dan Tokopedia perlu memikirkan cara untuk menarik perhatian konsumen.

Beberapa strategi yang bisa diterapkan antara lain meningkatkan kualitas produk, memberikan layanan pelanggan yang lebih baik, atau memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk mereka.

Baca Juga: Usai TikTok Miliki Mayoritas Saham, Tokopedia Tunjuk Vonny Susamto Jadi Dirut