Ratusan Anak SSB U 10 dan 12 Tahun Ikut Piala Bergilir Bapera Grassroots Bersinar

Piala Bergilir Bapera Grassroots Bersinar di Yogyakarta, melibatkan ratusan atlet muda dari SSB se-DIY.

Ratusan Anak SSB U 10 dan 12 Tahun Ikut Piala Bergilir Bapera Grassroots Bersinar
Ratusan Anak SSB U 10 dan 12 Tahun Ikut Piala Bergilir Bapera Grassroots Bersinar. Gambar: AMIRUL.RAKA

BaperaNews - Pada 13-15 September 2024, Lapangan Kenari di Kota Yogyakarta menggelar turnamen sepak bola. Ratusan atlet cilik dari Sekolah Sepak Bola (SSB) se-DIY berkumpul untuk mengikuti Piala Bergilir Bapera Grassroots Bersinar (Bersih Narkoba). 

Turnamen yang melibatkan kelompok umur (KU) U10 dan U12 ini diadakan selama tiga hari penuh di Lapangan Kenari, Muja-muju, Umbulharjo.

Dalam event ini, sebanyak 16 klub U-10 dan 18 klub U-12 berpartisipasi.

Menurut Billy Don Sagarmatha, Ketua DPD Bapera Kota Yogyakarta, turnamen ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para atlet muda untuk menunjukkan bakat mereka di panggung yang lebih besar.

"Total ada 16 klub U10 dan 18 klub U12 yang berpartisipasi dalam turnamen itu. Pihaknya mengapresiasi antusiasme peserta yang sangat signifikan sehingga melebihi target yang ditetapkan oleh panitia. Antusiasme peserta sangat luar biasa dan kami sangat apresiasi," jelas Billy Don.

Format pertandingan pada turnamen ini adalah setengah kompetisi dengan setiap KU (kelompok usia) dibagi ke dalam empat grup.

Dua peringkat teratas dari setiap grup akan melaju ke babak delapan besar. Di babak ini, peringkat satu grup A akan melawan peringkat dua grup B dan seterusnya. Format ini dirancang untuk memberikan kesempatan yang adil bagi setiap tim untuk bersaing dan berusaha mencapai babak final.

Baca Juga: Airlangga Perkenalkan RA Anita Sebagai Cawagub Sumsel 2024 dalam Rakerda Bapera Sumsel

Piala Bergilir

Gambar: Dok. AMIRUL.RAKA

“Harapannya ke depan atlet muda DIY bisa mengisi pemain di klub yang berkompetisi di level nasional dan berprestasi bagi daerah serta dilirik klub timnas Indonesia,” pungkas Billy Don Sagarmatha.

Ajang ini juga merupakan salah satu cara untuk mencari pemain berbakat yang dapat bergabung dengan tim sepak bola lokal, PSIM Jogja.

Singgih Raharjo, Pembina Bapera Kota Jogja, menyebutkan bahwa turnamen ini diharapkan bisa menjadi wadah bagi atlet usia dini untuk menerapkan keterampilan yang mereka pelajari di sekolah sepak bola.

"Kompetisi ini akan menumbuhkan semangat bagus bagi mereka, sepak bola sekarang jadi semakin populer dan gengsinya sangat diakui di level kabupaten kota bahkan nasional," ujar Singgih pada Sabtu (14/9).

Dia juga menambahkan bahwa kompetisi ini akan digunakan untuk memantau dan merekrut pemain muda yang berbakat untuk tim PSIM. Singgih telah berkoordinasi dengan manajemen PSIM untuk menambah porsi pemain lokal di tim tersebut.

“Saya harap mereka bisa jadi pemain PSIM dan saya sudah diskusi dengan manajemen untuk memberikan porsi pemain lokal Jogja. Ini lompatan bagi mereka,” ujar Singgih Raharjo.

Turnamen ini juga menunjukkan komitmen Bapera dalam mendukung dan mempromosikan sepak bola di kalangan anak-anak.

Baca Juga: Bapera Sekupang Gelar Aksi Sosial, Bagikan 50 Paket Sembako untuk Janda dan Lansia di Batam