Pesan Jokowi Di Hari Anak Nasional 2022: Anak Tumbuh Sebagai Manusia Berjiwa Merdeka

Presiden Jokowi memberikan pesan yang bermakna di Hari Anak Nasional 2022 yakni anak harus bisa tumbuh sebagai manusia berjiwa merdeka.

Pesan Jokowi Di Hari Anak Nasional 2022: Anak Tumbuh Sebagai Manusia Berjiwa Merdeka
Pesan Jokowi Di Hari Anak Nasional 2022: Anak Tumbuh Sebagai Manusia Berjiwa Merdeka. Gambar : ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden

BaperaNews - Presiden Jokowi memberi pesan di peringatan Hari Anak Nasional 2022 yang jatuh pada Sabtu, 23 Juli 2022. Jokowi berharap, seluruh masyarakat, terutama orang tua, bisa melindungi hak-hak anak Indonesia.

Pesan tersebut diungkap di akun Instagramnya. “Setiap anak punya cita-cita dan impian masa depannya sendiri. Kita hanya perlu memastikan anak-anak Indonesia tetap terlindungi, terpenuhi hak-haknya, bahagia, tumbuh sebagai manusia yang berjiwa merdeka, dan jadi bagian dari kemajuan bangsa” tulisnya.

Presiden Jokowi juga mengikuti acara peringatan Hari Anak Nasional 2022 di Kebun Raya Bogor, ia menunjukkan aksi sulap di hadapan anak-anak yang datang dengan pot bunga kecil dan sebuah tongkat sulap.

Ia mengajak salah seorang anak untuk membantu beraksi ketika ia menampilkan trik sulapnya. Pertama, Jokowi mengambil tongkat dan cup warna hitam, ia menunjukkan bahwa cup tersebut kosong. Ia meminta salah seorang anak mengucap sim salabim bersamanya.

“Lihat, kosong ya, sim salabim, lihat ya” ujarnya. Namun mantra tak berhasil cup tetap kosong, Jokowi kemudian mencoba lagi mengucap sim salabim dan meminta anak-anak ikut serta, “teriak bareng-bareng, sim salabim” imbuhnya. Akhirnya cup kosong tersebut berhasil mengeluarkan bunga yang diiringi dengan sorak gembira anak-anak.

Baca Juga : Sejarah Hari Anak Nasional 2022 Diperingati Tiap 23 Juli, Gunakan Hastag Ini!

Kedua, Jokowi menunjukkan buku yang putih bersih dan kosong, ia kembali mengucap sim salabim. Dan ketika dibuka, buku tersebut berubah menjadi berisi gambar-gambar binatang berwarna hitam putih. Ia mengucap sim salabim lagi dan isi buku berubah jadi penuh warna.

Jokowi juga melakukan sulap ketiga yakni dengan kain merah yang kosong, usai diucapkan sim salabim, muncul biskuit di balik kain yang diberikan kepada salah satu anak.

Tak lupa Jokowi menyampaikan pesan kepada anak-anak Indonesia. “Anak-anak semua belajar terus ya, jangan lupa berdoa, shalat, ketiga jaga kesehatan, jangan lupa pakai masker dimanapun ya, karena Covid-19 masih ada” tutupnya.

Tema Hari Anak Nasional 2022 ialah Anak Terlindungi, Indonesia Maju. Peringatan juga bersamaan dengan masa pasca pandemi sehingga banyak penyesuaian.

Kementerian Perlindungan Perempuan dan Anak pun mengusung tiga subtema yaitu Peduli Pasca Pandemi Covid-19, Anak Tangguh Pasca Pandemi Covid-19, dan Anak Tangguh Indonesia Lestari. Selamat Hari Anak Nasional 2022! Semoga anak-anak di negeri mendapat segala hak-haknya dan bisa bertumbuh kembang dengan optimal serta bahagia.