Jelang SEA Games 2023, Timnas Basket 3x3 Fokus Merubah Mindset

Kepala Pelatih tim nasional basket 3x3 Indonesia, Fandi Andika Ramadhani fokus merubah anak didiknya dari 5 on 5 ke 3 on 3.

Jelang SEA Games 2023, Timnas Basket 3x3 Fokus Merubah Mindset
Timnas Basket 3x3 di SEA Games 2023. Gambar : Dok. Perbasi

BaperaNews - Hingga kini Fandi Andika Ramadhani yang merupakan Kepala Pelatih tim nasional basket 3x3 Indonesia terus berusaha untuk menggenjot anak didiknya dalam rangka melakukan persiapan menjelang diselenggarakannya SEA Games 2023 di Kamboja mulai dari tanggal 5 Mei hingga 17 Mei mendatang.

Menurut keterangan dari Rama, anak didiknya masih nyaman dengan pola permainan 5x5 dibanding permainan 3x3 yang pekerjaan rumah terbesar bagi Rama.

Hal tersebut diperkuat dengan hasil pertandingan FIBA 3x3 Asia Cup 2023 yang diselenggarakan di Singapura.

Meskipun Indonesia berhasil menyapu bersih 3 pertandingan dengan meraih kemenangan, nyatanya hasil tersebut masih belum bisa membawa Indonesia lolos di babak kualifikasi Grup A karena berada di peringkat ketiga.

“Saya melihat dengan jelas, anak didik saya masih terlihat melakukan permainan 5 on 5 pada FIBA 3x3 Asia Cup,” ungkap Fandi Andika Ramadhani.

“Tidak dipungkiri, basic mereka memang pemain 5 on 5, jadi tidak jauh berbeda dengan permainan kita – kita ini.”

Baca Juga : PBSI Rilis Daftar Wakil Badminton Indonesia di SEA Games 2023

“Yang menjadi evaluasi dan sorotan terbesar bagi saya pribadi adalah pada 5 on 5 nya. Itu harus segera kita adjustment. Memang prosesnya tidak mudah, karena dari segi cara bermainnya yang berbeda.”

Untuk itu, pada sisa waktu yang bisa digunakan untuk berlatih ini, Rama memilih untuk fokus mengajarkan cara bermain 3 on 3 untuk timnas basket 3x3. Butuh kerja keras untuk merubah mindset anak didiknya dari 5 on 5 ke 3 on 3.

Terlepas dari itu semua, Rama sangat yakin bahwa anak didiknya timnas basket 3x3 bisa memboyong medali emas, mengingat potensi dan prestasi yang pernah diraih.

Lebih lanjut, Rama mengungkapkan bahwa kualitas permainan Indonesia tidak kalah baik dengan Singapura, Thailand maupun Malaysia.

Hingga tanggal 19 April 2023 mendatang, timnas basket 3x3 tengah menjalani pemusatan latihan di GBK Arena.

Selama latihan, PERBASI diketahui telah memanggil setidaknya 9 pemain untuk ikut serta dalam pemusatan latihan di GBK Arena.

Dari 9 pemain ini, nantinya akan disaring menjadi 4 pemain saja dan sisanya 2 pemain sebagai cadangan.

Setelah lebaran 2023, pemusatan latihan tahap kedua akan kembali dilakukan mulai tanggal 26 April sampai dengan tanggal 3 Mei 2023 mendatang.

Baca Juga : Daftar Atlet Pelatnas Pencak Silat di SEA Games Kamboja 2023