Baru Diresmikan, Gapura Alun-alun Pataraksa di Cirebon Ambruk

Gapura megah yang menjadi salah satu ikon Alun-alun atau Taman Pataraksa Kabupaten Cirebon ambruk pada Selasa (2/1).

Baru Diresmikan, Gapura Alun-alun Pataraksa di Cirebon Ambruk
Baru Diresmikan, Gapura Alun-alun Pataraksa di Cirebon Ambruk. Gambar : westjavatoday.com

BaperaNews - Gapura megah yang menjadi salah satu ikon Alun-alun atau Taman Pataraksa Kabupaten Cirebon, baru-baru ini mengalami nasib tragis dengan ambruknya pada Selasa (2/1) sekitar pukul 20.30 malam.

Bupati Cirebon, Imron, yang meresmikan taman ini pada 10 November 2023, mengungkapkan kekecewaannya saat meninjau langsung lokasi kejadian pada Rabu (3/1).

Imron menyampaikan kepada wartawan, "Dari media saya dengar bahwa taman Pataraksa yang baru saja saya resmikan ternyata ada yang runtuh. Begitu saya cek kesini memang benar."

Pemeriksaan lebih lanjut di lokasi juga mengungkapkan kerusakan pada beberapa bangunan lainnya, termasuk tangga dan trek pejalan kaki. 

Upaya sterilisasi dilakukan oleh pemerintah setempat dengan memasang Pol PP Line untuk menjaga keamanan area bangunan yang rusak.

Menanggapi kejadian ini, Bupati Imron langsung menginstruksikan dinas terkait untuk menindaklanjuti masalah ambruknya gapura alun-alun Pataraksa ini. 

Baca Juga : Banyak Lampu Sorot Air Mancur Jembatan di Banjarmasin Dicuri

"Maka saya menginstruksikan kepada dinas terkait ini harus benar-benar, harus ditindak lanjuti hal yang semacam itu," tegasnya.

Taman Pataraksa, yang terletak di depan Kantor Bupati, DPRD, dan berdekatan dengan Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Cirebon, diresmikan pada 10 November 2023.

Proyek ini didanai oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) dengan anggaran sekitar Rp 15,5 miliar. Pengerjaannya dilakukan dalam dua tahap.

Peresmian gapura alun-alun Pataraksa ini dilakukan oleh Bupati Imron bersama wakilnya dan unsur Forkopimda serta jajaran SKPD Kabupaten Cirebon setelah melaksanakan upacara Hari Pahlawan. Imron berharap taman ini menjadi tempat rekreasi dan berkumpul bagi masyarakat.

Pemerintah setempat akan bekerja sama dengan dinas terkait untuk menyelidiki penyebab pasti ambruknya gapura alun-alun Pataraksa.

Baca Juga : Waduh! Dishub Ini Nyangkut di Kap Mobil dari Setiabudi hingga Menteng