Wow! Dubai Bangun Terminal Bandara Terbesar di Dunia, Habiskan Dana 35 Miliar Dolar

Dubai bersiap untuk membangun terminal bandara terbesar di dunia, memproyeksikan penanganan hingga 260 juta penumpang setiap tahunnya. Baca selengkapnya di sini!

Wow! Dubai Bangun Terminal Bandara Terbesar di Dunia, Habiskan Dana 35 Miliar Dolar
Wow! Dubai Bangun Terminal Bandara Terbesar di Dunia, Habiskan Dana 35 Miliar Dolar. Gambar: Dok.aljazeera

BaperaNews - Dubai telah mengumumkan rencana besar-besaran untuk membangun terminal bandara terbesar di dunia, dengan anggaran mencapai 35 miliar dolar AS. Hal ini diungkapkan oleh Perdana Menteri dan Wakil Presiden Dubai Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum pada Minggu (28/4).

Terminal baru ini diproyeksikan memiliki kapasitas lima kali lipat dari Bandara Internasional Dubai yang ada saat ini, dengan kemampuan menangani hingga 260 juta penumpang setiap tahunnya.

Sheikh Mohammed menegaskan bahwa semua operasi di Bandara Internasional Dubai akan dialihkan ke Bandara Internasional Al Maktoum yang lebih baru dalam beberapa tahun mendatang.

"Dengan pembangunan terminal baru ini, kami tidak hanya menciptakan fasilitas bandara terbesar di dunia, tetapi juga membuka peluang baru bagi pertumbuhan ekonomi dan infrastruktur di Dubai Selatan," ungkap Sheikh Mohammed.

Dia juga menyoroti bahwa pembangunan terminal bandara terbesar di dunia ini akan menarik perusahaan-perusahaan terkemuka di sektor logistik dan transportasi udara, serta mendukung permintaan perumahan bagi satu juta orang di sekitar bandara.

Baca Juga: Fantastis! Pengemis Di Dubai Bisa Dapatkan Uang Rp 1 Miliar Per Bulan

Bandara Al Maktoum, yang dibuka pada tahun 2010, akan menjadi rumah baru bagi maskapai andalan Emirates. Dengan lima landasan pacu paralel dan 400 gerbang pesawat, bandara ini akan menjadi salah satu yang paling modern dan tercanggih di dunia.

CEO Bandara Dubai, Paul Griffiths, menyambut baik pengembangan ini, menyatakan bahwa ini adalah langkah berani dalam memperkuat posisi Dubai sebagai pusat penerbangan terkemuka.

Bandara Internasional Dubai telah menjadi bandara tersibuk di dunia untuk perjalanan internasional selama 10 tahun berturut-turut, dan dengan pembangunan terminal baru ini, Dubai berharap dapat mengatasi keterbatasan kapasitas fasilitasnya.

Dubai, sebagai destinasi internasional yang populer, telah mencatatkan rekor kunjungan wisatawan pada tahun 2023, dengan lebih dari 17 juta pengunjung internasional yang bermalam.

Hal ini menunjukkan pertumbuhan yang pesat dalam sektor pariwisata, yang diharapkan akan terus berkembang seiring dengan pembangunan infrastruktur baru seperti terminal bandara ini.

Baca Juga: Menteri Pertahanan Rusia Ajak Negara Sekutunya di Asia Gencarkan Latihan Militer