Paus Benediktus Meninggal Dunia, Vatikan: Dimakamkan Di Santo Basilika

Paus Benediktus XVI meninggal dunia akibat kondisi kesehatan yang menurun, ia akan dimakamkan pada 4 Januari 2023 di Santo Basilika

Paus Benediktus Meninggal Dunia, Vatikan: Dimakamkan Di Santo Basilika
Paus Benediktus XVI meninggal dunia. Gambar : AFP/Gabriel Bouys

BaperaNews - Kabar duka menyelimuti umat Katolik sedunia, Paus Benediktus XVI meninggal dunia di usia 95 pada Sabtu (31/12) akibat kondisi kesehatan yang terus menurun.

Paus Benediktus meninggal dunia dikonfirmasi oleh Vatikan dalam sebuah pernyataan "Dengan segenap duka, kami harus memberi tahu bahwa Paus Emeritus, Benediktus XVI telah meninggal dunia hari ini pukul 09.34 waktu Vatikan, di Biara Mater Ecclesiae".

Adapun informasi dari Vatikan pemakaman Paus Benediktus XVI akan diadakan pada Kamis 4 Januari 2023 di makam para Paus di Santo Basilika, Vatikan, Roma.

Jenazah Paus Benediktus XVI akan di semayamkan di Santo Basilika mulai Senin, (2/1). Ini merupakan kesempatan bagi umat katolik mengucap selamat tinggal kepada Paus Benediktus.

Sebagai informasi, Paus Benediktus XVI sebelumnya telah mengundurkan diri akibat kondisi kesehatannya yang menurun sejak satu dekade lalu. Semasa hidupnya menjadi Paus, Paus Benediktus telah memimpin Gereja Katolik Roma selama delapan tahun hingga 2013.

Baca Juga : Pele Meninggal Dunia Akibat Kanker Usus

Perjalanan Paus Benediktus XVI

Paus Benediktus XVI ialah paus pertama dalam 600 tahun yang mengundurkan diri dan pembawa standar bagi kaum konservatif yang mendambakan Gereja yang lebih tradisional.

Paus Benediktus memiliki nama asli asli Joseph Ratzinger lahir di Jerman pada 16 April 1927. Ia memulai perjalanan spiritual melalui belajar teologi dan filsafat di Universitas Munich dan sekolah tinggi di freising pada tahun 1946-1951. Dari pendidikan yang ia tempuh, Paus Benediktus diutus sebagai imam di Katedral Freising pada tanggal 29 Juni 1951.

Pengutusan kemudian berlanjut dengan peraihan gelar doktor di bidang teologi. Paus Benediktus sempat menulis tesis berjudul "The People and House of God in St Augustine's doctrine of the Church".

Usai Paus Benediktus lulus pendidikan tersebut, Paus Benediktus memperoleh gelar sebagai profesor dan ia mulai mengajar teologi fundamental dan dogma. 

Kariernya sebagai rohaniawan berlanjut hingga kemudian diangkat menjadi Uskup Agung München dan Freising oleh Paus Paulus VI pada 24 Maret 1977. Paus Benediktus diangkat dan diperkenalkan sebagai Kardinal oleh Paus Paulus VI dalam Konsistori tanggal 27 Juni 1977.

Selamat jalan Paus Benediktus XVI beristirahatlah dengan tenang.

Baca Juga : Sastrawan Remy Sylado Meninggal Dunia, Berikut Warisan Karyanya