Arab Saudi Luncurkan Taksi Terbang untuk Jemaah Haji 2024

Arab Saudi akan meluncurkan transportasi baru berupa taksi terbang dan drone untuk jemaah haji. Simak Selengkapya!

Arab Saudi Luncurkan Taksi Terbang untuk Jemaah Haji 2024
Arab Saudi Luncurkan Taksi Terbang untuk Jemaah Haji 2024. Gambar: bisnis pekanbaru/ theaviatorme.com

BaperaNews - Arab Saudi akan segera meluncurkan taksi terbang dan drone sebagai bagian dari uji coba transportasi baru mereka. 

Kendaraan-kendaraan ini direncanakan akan digunakan untuk mengangkut jemaah dari Bandara King Abdul Aziz di Jeddah ke hotel Makkah.

Menteri Transportasi dan Layanan Logistik Arab Saudi, Saleh al-Jasser, mengungkapkan bahwa saat ini ada banyak persaingan di antara berbagai perusahaan transportasi untuk menyediakan produk praktis di masa depan. 

Langkah inovatif ini bertujuan agar para jemaah dapat melakukan ibadah dengan lancar. Taksi terbang yang akan digunakan dilengkapi dengan teknologi otonom canggih dan akan tersedia di lokasi-lokasi transportasi penting seperti Makkah, Madinah, dan beberapa wilayah lainnya.

Baca Juga : Arab Saudi Keluarkan Fatwa, Jemaah Haji Tanpa Visa Resmi Tidak Sah Ibadahnya

Moda transportasi futuristik ini diharapkan dapat mempersingkat waktu perjalanan dan mengurangi kemacetan di jalan raya, serta menawarkan cara yang lebih efisien dan nyaman bagi jemaah haji

Penggunaan drone juga menjadi langkah revolusioner dalam berbagai aspek operasional haji. Drone akan digunakan untuk memantau tempat-tempat suci dalam rangka memastikan keselamatan dan keamanan jemaah. 

Dilengkapi dengan sensor dan kamera canggih, drone akan menyediakan data real-time yang akan membantu pihak berwenang dalam mengatasi masalah yang mungkin timbul.

Menteri Transportasi dan Layanan Logistik Arab Saudi menekankan bahwa pengujian dan persiapan ekstensif tengah dilakukan untuk memastikan penerapan teknologi ini aman selama musim haji

Kolaborasi dengan perusahaan-perusahaan internasional terkemuka dan para ahli di bidangnya juga sedang diupayakan.

Baca Juga : Jemaah Haji Pakai Visa Non-Haji, Kemenag: 10 Tahun Tak Boleh Masuk Arab Saudi