Real Madrid Jadi Klub Pertama dengan Pendapatan 1 Miliar Euro dalam Setahun

Real Madrid mencatat sejarah dengan pendapatan lebih dari 1 miliar euro di musim 2023/2024.

Real Madrid Jadi Klub Pertama dengan Pendapatan 1 Miliar Euro dalam Setahun
Real Madrid Jadi Klub Pertama dengan Pendapatan 1 Miliar Euro dalam Setahun. Gambar: Instagram/Realmadrid

BaperaNews - Real Madrid, baru saja mencatatkan sejarah dengan menjadi klub olahraga pertama di dunia yang meraup pendapatan lebih dari 1 miliar euro dalam satu tahun.

Pada musim 2023/2024, Real Madrid berhasil meraih pendapatan sebesar 1,073 miliar euro atau sekitar Rp17,5 triliun. Angka ini mengalami peningkatan sebesar 27 persen dari tahun sebelumnya, atau sekitar 230 miliar euro. Hebatnya, pendapatan ini tidak termasuk hasil dari transfer pemain.

 Dalam keterangan resminya, Real Madrid mengungkapkan bahwa peningkatan pendapatan ini tidak lepas dari berbagai prestasi yang diraih oleh tim sepak bola dan bola basket mereka.

Tim utama sepak bola memenangkan Liga Champions untuk keenam kalinya dalam periode 2014-2024, serta gelar LaLiga dan Piala Super Spanyol. Sementara itu, tim bola basket juga sukses memenangkan Liga, Copa del Rey, dan Piala Super Spanyol, serta mencapai final EuroLeague.

Prestasi yang gemilang ini tentu saja memberikan kontribusi besar terhadap pendapatan klub. Namun, hal ini juga berarti peningkatan biaya, terutama terkait dengan bonus untuk skuad olahraga.

“Di lapangan, tim utama sepak bola memenangkan Liga Champions untuk keenam kalinya pada periode 2014-2024, serta gelar LaLiga dan Piala Super Spanyol. Tim bola basket memenangkan Liga, Copa del Rey dan Piala Super Spanyol, serta membuat final EuroLeague. Ini semua berkontribusi pada peningkatan pendapatan, tetapi juga biaya yang lebih tinggi, khususnya terkait dengan bonus skuad olahraga,” tulis keterangan resmi Real Madrid.

Baca Juga: Joselu Tinggalkan Real Madrid, Bergabung dengan Al Gharafa di Liga Qatar

Dengan pendapatan sebesar itu, Real Madrid juga mencatat laba bersih yang fantastis, yaitu 16 miliar euro.

Salah satu faktor utama yang mendorong peningkatan pendapatan Real Madrid adalah naiknya pendapatan komersial, pendapatan sponsor, dan pendapatan dari stadion Santiago Bernabeu.

Stadion legendaris ini kini telah direnovasi dan menjadi lini bisnis baru yang sangat menguntungkan. Meskipun pendapatan dari hak siar LaLiga musim ini mengalami penurunan dibandingkan musim 2022/2023, namun pendapatan operasional klub tetap melampaui angka satu miliar euro.

“Pada periode ini, meskipun stadion tidak beroperasi penuh, Klub telah berhasil melampaui angka satu miliar euro dalam pendapatan operasional sebelum pelepasan aset tetap. Ini adalah angka yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk klub sepak bola mana pun,” tambah Real Madrid.

Saat ini, skuad asuhan Carlo Ancelotti sedang bersiap untuk menjalani laga pra-musim di Amerika Serikat. Namun, sejumlah pemain bintang seperti Vinicius Junior, Jude Bellingham, Rodrygo Goes, Eduardo Camavinga, dan punggawa baru Kylian Mbappe masih belum bergabung dengan tim. Mereka diberi cuti setelah membela tim nasional masing-masing.

Baca Juga: Usai Resmi Diumumkan Gabung Real Madrid, Mbappe Langsung Posting dengan Ronaldo