Sempat Ditolak, Kini JIS Dipilih PSSI Untuk Piala AFF 2022

PSSI sempat menolak JIS karena dianggap tidak sesuai standar FIFA, namun kini JIS didaftarkan PSSI sebagai salah satu stadion opsi kandang Timnas Indonesia pada Piala AFF 2022.

Sempat Ditolak, Kini JIS Dipilih PSSI Untuk Piala AFF 2022
Jakarta International Stadium dipilih PSSI untuk Piala AFF 2022. Gambar : VIVA.co.id/Riyan Rizki Roshali

BaperaNews - PSSI pernah menyebut Jakarta International Stadium (JIS) tidak memenuhi standar FIFA. Namun, kini JIS didaftarkan sebagai salah satu stadion opsi kandang Timnas Indonesia pada Piala AFF 2022 bersama Stadion Pakansari Bogor.

Piala AFF 2022 akan dilaksanakan pada Desember 2022 mendatang. Sebelumnya stadion yang akan dipakai ialah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), namun hal itu harus dibatalkan sebab SUGBK harus steril menjelang Piala Dunia U-20 2023.

Ketum PSSI Mochammad Iriawan menyampaikan kepastian tentang dipakainya JIS untuk lokasi laga ketika rapat kerja dengan Komisi X DPR di Jakarta pada Selasa (8/11). “Kemarin kita ajukan dua tempat di JIS sama Pakansari” tuturnya.

Namun hal berbeda disampaikan oleh Menpora Zainuddin Amali. “Komunikasi saya dengan Sekjen PSSI sih, sudah oke beliau, tinggal pilih Stadion Patriot atau Pakansari” tuturnya pada Rabu (9/11).

Sedangkan Sekjen PSSI Yunus Nusi mengaku belum bisa memastikan stadion yang dipilih, masih ditimbang dengan matang segala pilihan yang ada, masih ada batas waktu untuk menentukan.

“Nanti kalau sudah pasti akan kita kasih informasinya ya” tuturnya Rabu siang.

Baca Juga : PT LIB: Ingin Liga 1 2022-2023 Lanjut dan Sesuai Jadwal Awal

Adapun batas untuk menentukan stadion ialah 20 November 2022.

Yang menjadi sorotan ialah, JIS pernah digadang-gadang menjadi lokasi laga Indonesia vs Curacao pada (27/9) lalu, saat itu PSSI menyatakan JIS tidak akan dipakai karena tidak sesuai standar FIFA. PSSI kemudian memilih Stadion Pakansari dan Patriot Chandrabaga sebagai opsinya.

PSSI kala itu menyebut JIS tidak layak untuk FIFA Matchday, dari segi infrastruktur bangunan, harga sewa terlalu tinggi, dan tentang lahan parkirnya, menurutnya hal itu yang membuat PSSI mencoret JIS dari daftar calon arena laga.

Pernyataan dari PSSI pun mengundang reaksi dari beragam kalangan termasuk dari suporter dan warganet media sosial. Pada akhirnya, JIS memang tidak menjadi lokasi laga Timnas Indonesia Vs Curacao, laga akhirnya dijalankan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api dan Stadion Pakansari.

Namun kini JIS dipilih, apakah kini PSSI sudah mengakui JIS sesuai standar FIFA?

Piala AFF 2022 dijadwalkan pada 20 Desember 2022 – 16 Januari 2023 bersistem home away, timnas Indonesia berada di grup A bersama Thailand, Brunei Darussalam, dan Kamboja.

Baca Juga : Hasil Drawing 16 Besar Liga Champions 2022/2023: Liverpool Vs Real Madrid, PSG Vs Bayern Munchen