Mitsubishi Fuso jadi Pionir yang Menjual Truk Listrik di Indonesia

Mitsubishi Fuso mencatat sejarah baru dengan meluncurkan truk listrik eCanter di Indonesia pada GIIAS 2024.

Mitsubishi Fuso jadi Pionir yang Menjual Truk Listrik di Indonesia
Mitsubishi Fuso jadi Pionir yang Menjual Truk Listrik di Indonesia. Gambar : Mobil123com

BaperaNews - Mitsubishi Fuso mencatat sejarah baru di industri otomotif Indonesia dengan menjadi produsen pertama yang menjual dan menyerahkan truk listrik di tanah air.

Pada pergelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) menyerahkan truk listrik eCanter kepada PT Yusen Logistic Indonesia, Kamis (18/7).

Perwakilan dari Mitsubishi Fuso, Presiden Direktur PT KTB Daisuke Okamoto, mengungkapkan bahwa penyerahan unit eCanter ini merupakan bagian dari upaya Fuso dalam mendukung kebijakan pemerintah Indonesia menuju net zero emission pada tahun 2060. Okamoto menekankan pentingnya langkah ini dalam mempercepat elektrifikasi di industri otomotif.

“Mitsubishi Fuso adalah pionir truk listrik di Indonesia, dan hari ini PT Yusen Logistic Indonesia menjadi pengguna eCanter pertama di tanah air,” kata Okamoto dalam sambutannya di GIIAS 2024.

Proses menuju peluncuran eCanter di Indonesia melibatkan berbagai tahapan penting, termasuk trial dengan sepuluh perusahaan besar, sosialisasi intensif, dan akhirnya penjualan serta penyerahan kendaraan.

Kemitraan antara KTB dan PT Yusen Logistic Indonesia telah dimulai sejak tahun 2011, dengan PT Yusen menggunakan unit Canter dan Fighter X untuk keperluan logistik mereka. Tahun lalu, PT Yusen ikut serta dalam trial eCanter, dan hasilnya memuaskan, mendorong mereka untuk menambah armada dengan truk listrik ini.

Baca Juga: Mobil Listrik Ferrari Pertama Tertangkap Kamera sedang Test Drive

Tetsuya Aoyama, Presiden Direktur PT Yusen Logistic Indonesia, mengungkapkan bahwa keputusan untuk membeli eCanter didorong oleh performa baterai yang sangat baik serta garansi enam tahun yang menyertainya.

"Kami akan mengoperasikan eCanter ini di Jabodetabek hingga Karawang. Harapan kami adalah mengurangi emisi CO2 sekitar 10 ton dalam setahun," jelas Aoyama.

Ia juga menambahkan bahwa perusahaan berencana untuk menambah jumlah eCanter secara bertahap sesuai permintaan.

Sebagai bagian dari komitmen untuk memberikan layanan terbaik, Mitsubishi Fuso juga menyediakan pelatihan khusus bagi sopir dan mekanik eCanter. Hal ini bertujuan untuk memastikan pengalaman berkendara yang nyaman dan aman bagi konsumen.

Selain itu, Fuso menawarkan layanan purnajual yang mencakup garansi pembelian, layanan free service, dan sistem pembiayaan dengan skema Operating Lease (OPL) untuk meningkatkan kepuasan konsumen.

eCanter, truk listrik dari Mitsubishi Fuso, dilengkapi dengan baterai berkapasitas 83 kWh yang mampu menempuh jarak hingga 140 km dengan Gross Vehicle Weight (GVW) sebesar 6 ton. Truk ini dirancang khusus untuk operasi logistik di dalam kota sehingga cocok digunakan di area seperti Jabodetabek.

Baca Juga: GAC AION Bakal Buat Pabrik Baterai Mobil Listrik di Indonesia