WhatsApp Rilis Fitur Baru, WA Status Bisa Di-Like dan Mention

WhatsApp meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna memberikan "like" pada status dan menandai kontak lain.

WhatsApp Rilis Fitur Baru, WA Status Bisa Di-Like dan Mention
WhatsApp Rilis Fitur Baru, WA Status Bisa Di-Like dan Mention. Gambar : Brian J. Tromp

BaperaNews - WhatsApp kembali meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk menyukai atau memberikan "like" pada status WhatsApp (WA Status). Fitur ini juga dilengkapi dengan opsi mention atau menandai kontak lain, yang memberikan pengalaman lebih interaktif dan personal bagi pengguna.

Fitur ini dirilis secara bertahap, dan beberapa pengguna di Indonesia sudah mulai bisa menggunakannya sejak Jumat (4/10).

WhatsApp memperkenalkan fitur "like" pada status mirip dengan Instagram Stories. Di status WhatsApp, pengguna dapat melihat ikon hati di pojok kanan bawah status, di sebelah kolom balasan. Jika pengguna ingin menyukai status seseorang, mereka hanya perlu mengklik ikon hati tersebut. 

WhatsApp menekankan bahwa fitur "like" pada WA Status ini bersifat privat. Artinya, hanya pemilik status yang dapat melihat siapa saja yang memberikan tanda suka pada status mereka.

WhatsApp juga memastikan bahwa jumlah "likes" tidak akan dihitung atau ditampilkan secara publik.

Bagi pemilik status, mereka dapat melihat siapa saja yang memberikan "like" melalui daftar orang yang melihat status tersebut, ditandai dengan ikon mata. Selain itu, tanda hati dengan warna hijau akan muncul di profil kontak yang memberikan "like" pada daftar tersebut.

Baca Juga: WhatsApp Akan Hadirkan Fitur Transfer Chat Menggunakan Kode QR

Fitur ini, meskipun baru di WhatsApp, mengingatkan pada pengalaman serupa yang sudah lama hadir di Instagram Stories. Bedanya, pada Instagram, ikon hati berwarna merah, sementara di WhatsApp, ikon hati ini berwarna hijau.

Fitur "like" WA Status sudah tersedia di Indonesia, khususnya bagi pengguna WhatsApp di Android versi 2.24.19.86. Ini merupakan bagian dari pembaruan aplikasi fitur WhatsApp yang bertujuan untuk memperkaya interaksi pengguna.

Selain fitur "like", WhatsApp juga memperkenalkan fitur mention di WA Status. Dengan fitur ini, pengguna dapat menandai atau mention pengguna lain dalam status mereka.

Fitur ini bahkan memungkinkan pengguna untuk mention kontak yang belum tersimpan di daftar kontak mereka. Ketika pengguna di-mention, mereka akan menerima notifikasi pribadi dan memiliki kemampuan untuk melihat, mengedit, dan membagikan ulang (reshare) status tersebut. Tombol reshare ini akan tersedia bersebelahan dengan ikon hati.

Menurut blog resmi WhatsApp pada Jumat (4/10), fitur mention ini juga bersifat privat, sehingga kontak yang ditandai tidak akan terlihat oleh audiens lain.

Pengguna yang ditandai dalam status hanya akan menerima notifikasi pribadi, dan mereka tidak akan mengetahui siapa saja kontak lain yang turut ditandai dalam status tersebut. WhatsApp juga menjelaskan bahwa pengguna bisa menandai hingga lima kontak dalam satu status.

Meski begitu, WhatsApp belum merinci lebih lanjut bagaimana cara melakukan mention kontak di WA Status. Namun, berdasarkan informasi yang dibagikan oleh WABetaInfo, WhatsApp, pengguna bisa menggunakan ikon "@" yang terletak di pojok kanan bawah kolom caption WA Status untuk melakukan mention. 

Pengguna dapat menambahkan kontak yang ingin ditandai sebelum mempublikasikan status mereka, dan kontak yang ditandai akan menerima notifikasi saat status tersebut dipublikasikan.

Fitur "like" dan mention di WA Status ini sudah dirilis untuk semua pengguna WhatsApp secara global. Namun, fitur mention dan repost belum sepenuhnya tersedia. WhatsApp biasanya meluncurkan fitur-fitur baru secara bertahap, sehingga tidak semua pengguna bisa langsung menikmatinya.

Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk terus memperbarui aplikasi WhatsApp mereka secara berkala guna mendapatkan fitur-fitur terbaru yang dirilis.

Baca Juga: WhatsApp Business Banyak Fitur AI yang Diluncurkan Meta