WhatsApp Kini Miliki Fitur Pesan Hilang Otomatis Dalam 24 Jam, 7 Hari, dan 90 Hari

WhatsApp kini sudah memiliki fitur pesan hilang secara otomatis dalam waktu mulai 24 jam, 7 hari hingga 90 hari. Pembaruan sudah bisa dilakukan para pengguna mulai Senin (6/12).

WhatsApp Kini Miliki Fitur Pesan Hilang Otomatis Dalam 24 Jam, 7 Hari, dan 90 Hari
Ilustrasi Fitur baru Whatsapp. Gambar : WhatsApp Via Antara

BaperaNews - Para pengguna aplikasi WhatsApp kini dapat mengatur pesan dalam obrolan agar terhapus secara otomatis dengan jangka waktu tertentu. Terobosan baru ini dapat memungkinkan para pengguna WhatsApp untuk mengaktifkan pesan hilang otomatis dengan pilihan waktu mulai dari 24 jam, 7 hari, hingga 90 hari. Pembaruan sudah bisa dilakukan para pengguna mulai Senin (6/12).

"Kami meluncurkan opsi pesan menghilang baru di WhatsApp hari ini sehingga Anda dapat membuat semua obrolan baru menghilang secara default setelah 24 jam, 7 hari, atau 90 hari. Tidak semua pesan harus bertahan lama," kata CEO Meta Mark Zuckerberg sebagai perusahaan yang menaungi WhatsApp seperti dikutip 9to5mac.

Melalui unggahan resminya, WhatsApp menyampaikan bahwa tujuan dari fitur baru tersebut adalah untuk menghubungkan dunia secara privat atau pribadi.

Fitur pesan hilang ini dapat diaktifkan secara default untuk semua obrolan individu baru dengan masuk ke bagian pengaturan. Dengan cara klik “akun” lalu pilih “privasi” dan pengaturan waktu pesan default.

Pesan yang diterima atau dikirim sebelum aktivasi fitur pesan terbaru ini sementara tidak akan berpengaruh, sehingga pengguna masih bisa melihat pesan tersebut. Para pengguna juga akan memiliki opsi untuk menonaktifkan setelan fitur terbaru ini.

WhatsApp juga menyampaikan pihak telah menambah opsi untuk obrolan grup. Fitur terbaru ini sebenarnya telah diluncurkan sejak November tahun lalu. Namun, saat itu para pengguna hanya memiliki opsi untuk menghilangkan pesan selama 7 hari saja.

Fitur pesan hilang ini bisa digunakan dalam chat pribadi ataupun grup. Namun untuk chat di grup sendiri admin dalam grup dapat mengatur agar admin menjadi satu-satunya yang bisa mengaktifkan fitur tersebut.

Dilansir dari The Verge, fitur terbaru ini kabarnya akan terus dikembangkan menurut WABetaInfo.

Ini yang akan terjadi jika WhatsApp kalian mengaktifkan fitur terbarunya:

  1. Pesan akan hilang dari obrolan jika pengguna tidak membuka WhatsApp dalam jangka waktu 24 jam, 7 hari, ataupun 90 hari. Namun, pratinjau pesan mungkin masih ditampilkan di notifikasi hingga WhatsApp dibuka.
  2. Saat Anda membalas pesan, pesan awal akan dikutip. Jika Anda membalas pesan yang hilang, teks yang dikutip mungkin tetap ada dalam obrolan setelah durasi yang Anda pilih.
  3. Pesan tidak akan hilang jika pesan tersebut diteruskan ke obrolan yang tidak mengaktifkan fitur tersebut.
  4. Jika pengguna membuat cadangan sebelum pesan hilang, maka pesan yang hilang tersebut akan disertakan dalam cadangan. Dan pesan tersebut akan hilang jika pengguna memulihkan dari cadangan.