Pabrik Penghisap Karbondioksida Terbesar Di Dunia Resmi Beroperasi Di Islandia

Pabrik penghisap karbondioksida terbesar didunia resmi beroperasi, terletak di ibu kota Reykjavik, Islandia

Pabrik Penghisap Karbondioksida Terbesar Di Dunia Resmi Beroperasi Di Islandia
Gambar : greeners.co

BaperaNews - Sebuah pabrik penghisap karbon terbesar di dunia kini resmi beroperasi. Pabrik tersebut dirancang guna menyedot ribuan ton karbondioksida di udara yang kemudian diubah menjadi batu.

Pabrik tersebut bernama Orca yang artinya energi memiliki empat unit bagian, dimana bagian tersebut terdiri atas dua kotak logam yang mirip wadah yang berfungsi untuk transportasi laut.

Pabrik  yang telah dibangun oleh perusahaan Climeworks Swiss dan Carbfix Islandia diklaim mampu menarik sebanyak 4.000 ton karbon dioksida (CO2) di udara setiap tahunnya.

Jumlah tersebut setara dengan emisi yang dikeluarkan oleh 870 mobil, sebagaimana mengutip dari Badan Perlindungan Lingkungan AS (Environmental Protection Agency/EPA).

Guna menarik ribuan ton karbon dioksida itu, Pabrik tersebut menggunakan kipas yang berfungsi untuk menarik udara ke kolektor yang memiliki bahan filter di dalamnya.

Setelah bahan filter diisi dengan CO2, kemudian kolektor ditutup dan suhu langsung dinaikkan guna melepaskan CO2 dari bahan dan gas yang pekat dapat dikumpulkan.

Kemudian, CO2 tersebut dicampurkan dengan air sebelum akhirnya disuntikkan pada kedalaman 1.000 meter ke dalam batuan basalt di mana ia akan membatu.

Para peneliti percaya bahwa dengan adanya teknologi ini dapat bermanfaat sebagai alat utama dalam mengatasi perubahan iklim yang terjadi.

Walaupun demikian, sejumlah ahli berpendapat bahwa teknologi ini masihlah sangat mahal dan akan membutuhkan waktu sekitar puluhan tahun untuk dapat beroperasi dalam skala yang besar.