Mulai Agustus 2023, QRIS Bisa Dipakai di Malaysia

Deputi Gubernur Bank Indonesia Filianingsih Hendarta menyebut mulai Agustus 2023 mendatang, QRIS bisa dipakai di Malaysia.

Mulai Agustus 2023, QRIS Bisa Dipakai di Malaysia
Mulai Agustus 2023 kini QRIS bisa dipakai di Malaysia. Gambar : ANTARA/Dok. Galih Pradipta

BaperaNews - Deputi Gubernur Bank Indonesia Filianingsih Hendarta menyebut QRIS bisa dipakai di Malaysia mulai Agustus 2023 mendatang. Menurutnya QRIS Malaysia ini akan jadi hadiah untuk HUT Indonesia yang ke-78.

“Malaysia mudah-mudahan bisa jadi hadiah kemerdekaan Indonesia 17 Agustus nanti” tuturnyapada Selasa (14/2).

Tidak hanya di Malaysia, QRIS juga akan diimplementasikan di Singapura. Pihak BI juga sedang komunikasi dengan Bank di China dan Arab Saudi untuk bisa menerapkan QRIS di kedua Negara tersebut.

“Kita sedang bicara, melihat sistem dan segala sesuatunya, ketentuannya, itu semua masih diskusi” terang Filianingsih Hendarta.

Sebelumnya Filianingsih Hendarta menjanjikan peserta jemaah Umroh dan Haji asal Indonesia tidak perlu rapor-repot bawa banyak uang tunai jika ingin belanja di Arab Saudi. Sebab Bank Sentral sedang melakukan upaya perluasan QRIS seperti halnya QRIS bisa dipakai di Malaysia dan Singapura.

“Ada dua program yang akan kita sinergikan dengan QRIS, dari inisiatif pemerintah bangga buatan Indonesia, gerakan bangga berwisata ke Indonesia ini tadi, perluasan ke China dan Arab Saudi. Jadi harapannya, misalnya pergi umroh atau haji tidak perlu bawa riyal lagi, sudah bisa bawa handphone asal saldonya cukup” lanjutnya.

Baca Juga : Malaysia Ikut Tingkatkan Infrastruktur Jalan Dekat IKN

Lebih lanjut, Filianingsih Hendarta menyebut QRIS punya banyak keunggulan, hal ini Nampak dari terus naiknya omset pelaku usaha di berbagai daerah.

“Antar seorang pedagang bakso di Balikpapan itu penghasilannya naik dari Rp 2 juta jadi Rp 3 juta per hari sejak pakai QRIS, kemudian ada Cokro pengusaha Cilor asal Jakarta itu omsetnya naik dari Rp 300 ribu per hari jadi Rp 500 ribu per hari” pungkasnya.

“Di China kita sudah bicara dengan People’s Bank of China, di Arab Saudi juga dengan Saudi Arabia Monetary Authority. Kalau di China sudah ada QRnya, kalau di Arab Saudi sedang dikembangkan QRnya” tutup Filianingsih Hendarta.

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standar) sendiri ialah kode standar Indonesia yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia untuk mengintegrasikan seluruh metode pembayaran menjadi sistem non tunai.

QRIS di Malaysia untuk semua ponsel pintar dengan kode pemindai khusus. Sejumlah aplikasi uang digital Indonesia sudah terintegrasi dengan QRIS, diantaranya DANA, OVO, ShopeePay, LinkAja, BCA Mobile Banking, GoPay, Mobile Banking BNI, juga Mobile Banking BRI.

Baca Juga : Begini Cara Daftar QRIS GoPay untuk UMKM