Mulai Akhir 2022 Vespa Produksi Indonesia Bisa Dibeli

Menteri Perindustrian (Menperin) menyampaikan bahwa pada akhir tahun 2022 vespa yang diproduksi di pabrik baru Piaggio Group di indonesia akan mulai dijual dan sudah bisa dibeli.

Mulai Akhir 2022 Vespa Produksi Indonesia Bisa Dibeli
Mulai Akhir 2022 Vespa Produksi Indonesia Bisa Dibeli. Gambar : Dok. Kemenperin

BaperaNews - Menurut pernyataan dari Agus Gumiwang Kartasasmita selaku Menteri Perindustrian (Menperin) menyampaikan bahwa pada akhir 2022 nanti Vespa yang diproduksi di pabrik baru Piaggio Group di Indonesia akan mulai dijual di Indonesia. Diketahui, produksi tersebut akan dilakukan usai pembangunan pabrik tersebut selesai pada kuartal 4 2022.

Pada Selasa (09/11/2021), peletakan batu pertama pabrik baru Vespa yang berlokasi di kawasan industri Jababeka di Cikarang, Jawa Barat telah dilakukan. Pabrik tersebut memiliki lahan seluas 6 hektar dengan kapasitas tahunan yang ditargetkan yaitu 10 ribu unit.

Pabrik Piaggio khusus untuk merakit produk Vespa dan juga akan mengulang sejarah perakitan Vespa yang sebelumnya pada tahun 1970-an di Jakarta.

Dikutip dari Antara pada Selasa (09/11/2021), Agus menyampaikan bahwa sepeda motor yang dirakit di pabrik ini akan meluncur pada akhir 2022.

Agus pun berpesan kepada Piaggio Indonesia, pemegang merek Vespa, Piaggio, Aprilia, dan juga Moto Guzzi melibatkan banyak industri komponen skala kecil maupun menengah sebagai bagian rantai pasoknya.

Selain itu, Agus optimis perakitan Vespa di Indonesia dapat menjadi salah satu produk unggulan Indonesia. Selain itu, ia pun berharap Piaggio menjadikan pabrik tersebut sebagai basis produksi untuk ke dunia.

Kemudian ia pun menyampaikan bahwa pihaknya mendorong Piaggio agar dapat melakukan pengembangan teknologi elektrifikasi sepeda motor dan juga menjadikan Indonesia sebagai basis produksi serta hubungan ekspor sepeda motor ikonik Italia dari Indonesia ke dunia.

Ilustrasi Produk PT Piaggio Indonesia. Gambar : Baperanews.com

Sementara itu, Marco Nato La Diega selaku Managing Director & Country CEO PT Piaggio Indonesia menyampaikan bahwa Indonesia adalah penggemar Vespa terbesar kedua di dunia setelah Italia. Pendirian pabrik Vespa ini menjadi awal baru bisnis perusahaan yang telah berdiri pada tahun 2011.

Terakhir, Marco pun percaya bahwa dengan adaya proyek ini dapat memperkuat kontribusi PT Piaggio Indonesia di sektor otomotif serta meningkatkan pengalaman dan juga keterikatan terhadap mereknya.