Fitur Ramah Penyandang Buta Warna Bakal Hadir di Gopay dan Tokopedia

Grup GoTo, pemilik platform Gojek dan Tokopedia akan menghadirkan fitur terbaru yang dirancang khusus untuk menjadi ramah penyandang buta warna.

Fitur Ramah Penyandang Buta Warna Bakal Hadir di Gopay dan Tokopedia
Fitur Ramah Penyandang Buta Warna Bakal Hadir di Gopay dan Tokopedia. Gambar : Dok. Gojek.com

BaperaNews - Grup GoTo, pemilik platform Gojek dan Tokopedia, kembali membuat terobosan dengan menghadirkan fitur terbaru pada aplikasi Gojek dan Tokopedia yang dirancang khusus untuk menjadi ramah penyandang buta warna.

Fitur ini, yang juga mencakup pengalaman pengguna aplikasi GoPay, merupakan langkah nyata dalam mewujudkan ekosistem digital yang inklusif bagi pengguna secara luas.

Tanah Sullivan, Head of Sustainability Grup GoTo, menjelaskan bahwa fitur terbaru ini merupakan bagian dari komitmen keberlanjutan Tiga Nol Grup GoTo, terutama Nol Hambatan.

Tujuannya adalah memberikan dukungan bagi pengguna aplikasi dengan defisiensi penglihatan warna, memungkinkan mereka untuk memilih mode tampilan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

"Fitur terbaru Gojek dan Tokopedia ini dirancang dengan penyesuaian warna layar dan menciptakan kontras yang lebih tinggi antara teks dan latar belakang. Hal ini tidak hanya meningkatkan keterbacaan tetapi juga mengurangi ketegangan mata, terutama di lingkungan terang benderang," ungkap Tanah Sullivan dalam siaran persnya.

Baca Juga : Gojek Segera Uji Coba Fitur GoRide Nego, Bisa Tawar Tarif Ojol

Fitur ramah penyandang buta warna ini dikembangkan sesuai dengan standar aksesibilitas internasional, dengan mengikuti standar kontras AAA dari Web Content Accessibility Guidelines (WCAG).

Standar kontras AAA dianggap sebagai standar tertinggi dalam aksesibilitas, dan penggunaannya diharapkan dapat membuat aplikasi lebih ramah bagi penyandang buta warna.

Langkah ini sejalan dengan upaya GoTo untuk menciptakan ekosistem digital yang memperhatikan keberagaman pengguna. Dengan fitur ini, pengguna aplikasi Gojek dan Tokopedia yang mengalami defisiensi penglihatan warna dapat mengakses dan menggunakan aplikasi dengan lebih nyaman dan efisien.

Fitur terbaru ini sudah tersedia pada platform Gojek, Tokopedia, dan GoPay. Di aplikasi Gojek, pengguna akan menemukan mode high contrast yang dapat digunakan oleh penyandang buta warna total (monokromasi). 

GoTo berharap bahwa implementasi fitur ini akan membuka jalan bagi pembaruan berkelanjutan dan inovasi yang mendukung prinsip-prinsip keberlanjutan.

Baca Juga : Simple! Begini Cara Bayar E-Tilang Secara Online Pakai Tokopedia