Kalahkan iPhone 15, Huawei Mate 60 dan Xiaomi 14 Jadi HP Terlaris di China

Menurut Counterpoint Research, pasar HP di China sedang menuju pemulihan. Pemicunya bukan iPhone, malah Huawei yang bikin pasar bergairah lagi. Simak Selengkapnya!

Kalahkan iPhone 15, Huawei Mate 60 dan Xiaomi 14 Jadi HP Terlaris di China
Kalahkan iPhone 15, Huawei Mate 60 dan Xiaomi 14 Jadi HP Terlaris di China. Gambar : FTNN News/ Lin Yutong

BaperaNews - Pasar ponsel pintar global yang sedang lesu menunjukkan tanda-tanda pulih berkat peluncuran model baru dari perusahaan besar seperti Huawei dan Xiaomi. Menurut Counterpoint Research, pasar HP di China sedang menuju pemulihan. Pemicunya bukan iPhone, malah Huawei yang bikin pasar bergairah lagi.

Huawei dan Xiaomi Mendorong Pemulihan Pasar

Selama Q3, Huawei mengalami pertumbuhan tahunan cukup terbesar. Pantauan Counterpoint Research, penjualannya meningkat sebesar 37% dari 2022. Itu membuat pangsa pasarnya menjadi 12,9%, naik dari 9,1% di tahun sebelumnya. Peningkatan tersebut berkat ponsel Mate 60 yang ditenagai oleh chipset Kirin.

Huawei belum bisa menembus lima besar pasar HP. Posisinya masih di bawah Xiaomi yang juga mengalami peningkatan penjualan sebanyak 5%. Harga promosi seri Redmi K dan Note menghasilkan penjualan yang kuat, dan perusahaan fokus untuk menawarkan produk kelas menengah yang lebih terjangkau kepada pengecer dan konsumen untuk mengimbangi potensi tekanan penurunan.

Baca Juga : Apple Akan Rilis iOS 17.1.1, Diklaim Bisa Atasi Sejumlah Bug di iPhone

Apple dan iPhone 15

Apple menempati posisi keempat dengan pangsa pasar 14,2%. Angka ini turun 10% dibandingkan tahun lalu. Penurunan pangsa pasar Apple disebabkan oleh penurunan harga di awal tahun yang mendorong masyarakat memilih perangkat iPhone 14 dibandingkan menunggu iPhone 15 baru.

Honor dan Oppo

Masih di periode Juli-September, Honor naik ke puncak dengan kesuksesan penjualan seri X50 dan 90 mengungguli Vivo dan Oppo. Kedua merek ini terdampak lemahnya belanja di kota-kota Tier 2 ke bawah, selain itu Oppo dan Vivo juga tidak seagresif Honor dan Xiaomi.

Counterpoint mencatat selama Q3 2023 perangkat lipat clamshell terlaris adalah Oppo Find N2 Flip. Honor Magic V2 berada di urutan teratas dari semua perangkat lipat dengan engsel vertikal. Semua perusahaan berharap dapat mengakhiri tahun kalender dengan penjualan yang kuat.

Baca Juga : Xiaomi Umumkan Bakal Produksi Mobil Listrik di 2024