Gmail Bakal Dihapus, Ini Tips Agar Email Tidak Hilang!

Pihak Google akan menghapus akun Gmail yang dinilai tidak aktif dan tidak aman. Simak tips agar Email tidak hilang!

Gmail Bakal Dihapus, Ini Tips Agar Email Tidak Hilang!
Gmail Bakal Dihapus. Gambar : Dok.Istimewa

BaperaNews - Pengguna Gmail perlu waspada, Google akan menghapus akun Gmail gratis yang tidak aktif selama 2 tahun atau lebih.

Google menilai, email yang tidak aktif tersebut kurang aman dibanding email aktif yang lebih sulit disalahgunakan. Email tidak aktif tidak pernah lakukan verifikasi dan update pengamanan secara berkala sebagaimana yang diberlakukan pada email aktif.

Maka keputusan email dihapus Google dengan status gratis yang tidak aktif minimal 2 tahun ini dilakukan untuk melindungi pengguna Gmail dari pencurian data dan resiko kejahatan siber lainnya.

Google telah umumkan keputusan Gmail dihapus ini secara resmi di blognya. Hanya email pribadi yang diterapkan kebijakan baru email dihapus Google ini, tidak berlaku untuk email perusahaan atau lembaga resmi.

Email milik sekolah atau kantor akan tetap ada meski tidak diaktifkan selama 2 tahun atau lebih. Namun akun pribadi Gmail yang dinonaktifkan akan berdampak pada ekosistem Google Workspace yang dimiliki seperti Docs, Meet, Drive, dan Calender termasuk YouTube dan Google Photos. Maka seluruh akses Google Workspace tersebut akan dihapus pula bersama dengan akun email dihapus Google.

Untuk menghindari masalah gmail dihapus tersebut, pengguna Gmail pribadi bisa terus gunakan akunnya agar tidak terhapus sistem yakni dengan lakukan login ke akun atau aktifitas lain. Sebelum menghapus akun, Google akan kirim notifikasi terlebih dahulu.

“Google akan kirim notifikasi beberapa bulan sebelumnya, akan dikirim ke alamat email utama dan recovery jika ada” jelas Google hari Kamis (15/6).

Baca Juga : Google Drive Berhenti Beri Dukungan Untuk Windows 8

Cara Email Tidak Dihapus Google

Cara termudah untuk akun tetap ada ialah lakukan login ke akun minimal 2 tahun sekali, cukup mudah untuk dilakukan. Hal lain yang lebih baik untuk mencegahnya ialah memperbarui keamanan dan memeriksa privasi akun secara berkala, menunjukkan bahwa penggunanya aktif dan melindungi datanya sendiri di Gmail.

Berikut 6 tips yang dijabarkan oleh Google untuk menghindari akun Gmail dihapus:

  • Pakai Gmail untuk membaca dan kirim email
  • Pakai Google Drive
  • Pakai Google untuk menonton YouTube
  • Unduh aplikasi di PlayStore
  •  Pakai Google Search untuk browsing
  • Pakai Gmail untuk masuk ke aplikasi atau website
  • Pakai akun dengan teratur

Menggunakan langganan seperti Google One, aplikasi, atau publikasi berita sudah dihitung sebagai aktivitas yang menghindarkan pengguna dari penghapusan Gmail atau masuk ke Foto Google setidaknya 2 tahun sekali untuk dianggap tetap aktif.

Lakukan cara tersebut agar Gmail Anda dan Google WorkSpace lain yang terhubung tetap ada dan terhindar dari penghapusan oleh sistem Google ya.

Baca Juga : Google Akan Hapus Akun Gmail Gratis, Ini Syarat Agar Akun Tidak Hilang