Google Drive Berhenti Beri Dukungan Untuk Windows 8

Layanan Google Drive, tidak lagi diberikan dukungan oleh Google pada sistem operasi Windows 8 dan Windows 8.1 mulai Agustus 2023 mendatang. Simak selengkapnya!

Google Drive Berhenti Beri Dukungan Untuk Windows 8
Google Drive stop beri dukungan Windows 8. Gambar: Dok. Istimewa

Baperanews - Drive, aplikasi simpan data online milik Google tidak lagi berikan dukungan untuk PC atau komputer dengan sistem operasi Windows 8 dan Windows 8.1 mulai Agustus 2023 mendatang. Maka komputer dengan kedua SO tersebut tidak bisa lagi menggunakan layanan Google Drive.

Penghentian layanan di OS Windows versi lama ini dicantumkan di laman Dukungan Google Drive untuk PC yang baru-baru nini diperbarui. Di laman yang sama, Google juga menyebut akan menghentikan aplikasi Drive di PC berOS Windows Server 2012 dan semua OS Windows 32-bit termasuk Windows 10.

Tidak disebut tanggal pasti berapa penghentian layanan Google Drive untuk dukungan Windows 8 pada PC-PC tersebut. Bisa jadi Drive tak bisa lagi dipasang di Windows tersebut mulai 1 Agustus 2023. Jika ingin tetap memakai Drive, harus memperbarui OS mereka minimal ke versi Windows 10 64-bit sebelum 1 Agustus 2023.

Baca Juga : Google Akan Hapus Akun Gmail Gratis, Ini Syarat Agar Akun Tidak Hilang

Pengguna dukungan Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10 32-bit masih bisa masih mengakses Drive, namun dilakukan melalui browser atau peramban, tidak bisa lewat aplikasi dimana fitur di browsing tidak selengkap yang ditawarkan di aplikasi Drive versi PC.

Salah satunya ialah tidak bisa lakukan sinkronisasi folder di media penyimpanan dengan PC dan folder di storage Drive internet. Tidak bisa lakukan pencadangan atau back up pada foto dan video yang disimpan di folder PC ke Google Photos secara otomatis, pengguna harus mengunggah secara manual via browser internet.

Dengan diberhentikannya dukungan Windows 8 oleh Drive, bisa jadi pertimbangan untuk segera upgrade ke perangkat terbaru agar bisa tetap bekerja tanpa ada kendala.

Driver di Chrome Dihentikan Sejak Februari 2023

Sebelumya Drive juga telah dihentikan layanannya di browser internet Chrome versi 110 sejak Februari 2023 kemarin. Aplikasi untuk menelusuri internet tersebut juga tak bisa lagi dipakai di OS Windows Server 2012 dan 2012 R2.

Adapun Microsoft telah hentikan dukungan pembaruan keamanan di Windows 8, Windows 8.1, dan sejumlah OS Windows lawas lainnya mulai Januari 2023, wajar saja jika sejumlah pengembang Google juga ikut menghentikan dukungan mereka untuk versi lawas Windows tersebut.

Hal ini senada dengan perkembangan teknologi yang harus diikuti oleh semua orang, jika ingin memakai aplikasi terbarukan, juga harus memiliki PC dan Windows baru untuk mendukung semua proses dan layanan di dalamnya.

Baca Juga : Google Buka Kursus Gratis AI Generatif Khusus Talenta Digital Indonesia