Google Buka Kursus Gratis AI Generatif Khusus Talenta Digital Indonesia

Google meluncurkan kursus AI generatif gratis untuk muda-muda Indonesia dalam upaya meningkatkan talenta digital di bidang kecerdasan buatan. Baca lebih lanjut tentang program ini yang disertai dengan dana insentif untuk startup AI.

Google Buka Kursus Gratis AI Generatif Khusus Talenta Digital Indonesia
Google Buka Kursus Gratis AI Generatif Khusus Talenta Digital Indonesia. Gambar : Reuters/Dok. Dado Ruvic

BaperaNews - Kecerdasan buatan (AI) generatif sedang jadi primadona di dunia teknologi lantaran kemampuan dan responnya yang disebut hampir sama dengan manusia. Untuk meningkatkan talenta digital Indonesia di bidang AI, Google membuat kursus AI Generatif gratis untuk muda-muda Indonesia. Seluruh prosesnya tidak dipungut biaya.

Regional Director Google Cloud untuk Indonesia dan Malaysia Megawaty Khie menyampaikan saat ini banyak perusahaan dan organisasi ingin mengembangkan AI tapi tidak yakin dengan kemampuan dan keterampilan karyawannya sehingga Google merasa perlu diperluas kemampuan talenta digital muda tentang pengetahuan dan operasional AI ini.

“Dari sini sudah jelas langkah perluasan penggunaan AI bukan hanya untuk memperbanyak alat AI saja namun juga agar talenta digital menguasai keterampilan AI sebanyak-banyaknya” kata Megawaty hari Kamis (8/6).

Google menyediakan kursus gratis Google AI Generatif ini dalam 7 program yang semuanya disediakan melalui Cloud Skill Boost Program untuk membantu peserta memahami perbedaan AI Generatif dengan jenis AI lainnya, cara menyesuaikan model AI Generatif yang siap pakai, cara memanfaatkan AI Generatif dengan benar dan bertanggung jawab, dan lainnya. 

Baca Juga : Mengkhayalkan Teknologi AI dan Kapsul Pewangi Kentut

Selain kursus gratis Google AI Generatif, Google juga siapkan dana insentif untuk startup Indonesia yang tumbuh di era AI dan Cloud dimana saat ini 70% dari 100 startup teratas dunia sudah menggunakan Google Cloud dalam sistem operasinya dan Google ingin mendukung generasi berikutnya di Indonesia.

Google menanggung biaya startup berbasis AI sebesar USD 350.000 selama 2 tahun untuk startup Indonesia yang berada di tahap seed hingga series A. Sedangkan untuk startup berbasis AI di pre seed akan disediakan kredit cloud gratis dengan nilai USD 2.000 setahun sebagai bantuan untuk program pengembangan proof of concept dan memamerkan produk kepada calon investor.

“Kami punya komitmen untuk mendukung gelombang unicorn yang baru di Indonesia, terutama untuk mereka yang membangun solusi inovatif dari Indonesia untuk seluruh dunia” pungkas Mega.

Peserta yang lolos selain mendapat kursus gratis Google juga akan mendapat sertifikat IT yang diakui di industri. Materi yang diajarkan dalam kursus AI Generatif Google gratis ini ialah :

  • Introduction to Generative AI
  • Introduction to Large Language Models
  • Introduction to Responsible AI
  • Generative AI Fundamentals
  • Introduction to Image Generation
  • Encoder-Decoder Architecture
  • Attention Mechanism
  • Transformer Models and BERT Model
  • Create Image Captioning Models

Bagi Anda pecinta dunia teknologi yang ingin bergabung dengan kursus AI generative Google ini bisa mendaftar ke laman Klik Disini. Itulah informasi seputar kursus AI generatif Google, semoga bisa membantu dan menambah wawasan Anda seputar teknologi terkini.

Baca Juga : Asik! Per 1 Juli Singapore Airlines Gratiskan Wifi Untuk Semua Kelas