Presiden Jokowi dan Gibran Rakabuming Melayat ke Rumah Duka Wapres RI Hamzah Haz

Presiden Jokowi dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka melayat ke rumah duka Hamzah Haz pada 24 Juli 2024 untuk menyampaikan duka cita.

Presiden Jokowi dan Gibran Rakabuming Melayat ke Rumah Duka Wapres RI Hamzah Haz
Presiden Jokowi dan Gibran Rakabuming Melayat ke Rumah Duka Wapres RI Hamzah Haz. Gambar: Tangkapan layar Youtube/@kompastv

BaperaNews - Pada hari ini, Rabu, (24/7), Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka melayat ke rumah duka Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) ke-9, Hamzah Haz, yang terletak di Jalan Tegalan, Palmerian, Jakarta Timur.

Kedatangan mereka bertujuan untuk menyampaikan rasa duka cita atas wafatnya Hamzah Haz, yang meninggal dunia.

Presiden Jokowi tiba di rumah duka sekitar pukul 13.16 WIB, mengenakan pakaian batik berwarna cokelat dan hitam. Gibran Rakabuming Raka, yang mengikuti dari belakang, mengenakan kemeja berwarna biru.

Jokowi menunjukkan rasa hormat dengan membungkuk saat tiba di rumah duka, kemudian bersama Gibran segera masuk ke rumah duka untuk memberikan bela sungkawa secara langsung kepada keluarga almarhum.

Baca Juga: Berita Duka, Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz Meninggal Dunia

Hamzah Haz, yang mengawali kariernya sebagai guru pada tahun 1960, memiliki perjalanan hidup yang cukup panjang dalam dunia politik dan media. Beliau memulai kariernya sebagai wartawan di surat kabar Bebas di Pontianak, kemudian menjadi Pimpinan Umum Harian Berita Pawau di Kalimantan Barat.

Dalam dunia politik, Hamzah Haz menjabat sebagai Wakil Presiden RI mendampingi Presiden Megawati Soekarnoputri dari tahun 2001 hingga 2004.

Sebelumnya, Hamzah Haz juga pernah menjabat sebagai Menteri Investasi pada era Presiden BJ Habibie, Wakil Ketua DPR RI, dan Menko Kesra pada era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Kehadiran Presiden Jokowi dan Gibran Rakabuming Raka di rumah duka menunjukkan penghormatan yang tinggi terhadap jasa dan kontribusi Hamzah Haz dalam dunia politik dan publik. Kehadiran mereka diharapkan dapat memberikan dukungan moral kepada keluarga almarhum dan masyarakat yang berduka.

Baca Juga: Bantah Menu Makan Bergizi Gratis Rp7.500, Gibran: Buat Anak Tidak Boleh Pelit