Berita Duka, Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz Meninggal Dunia

Hamzah Haz tutup usia di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, pada usia 84 tahun.

Berita Duka, Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz Meninggal Dunia
Berita Duka, Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz Meninggal Dunia. Gambar: X/@KemensetnegRI

BaperaNews - Wakil Presiden (wapres) ke-9 RI, Hamzah Haz, meninggal dunia pada Rabu, 24 Juli 2024. Beliau tutup usia di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, pada usia 84 tahun. Berita duka ini telah dikonfirmasi oleh Sekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arwani Thomafi.

Hamzah Haz lahir di Ketapang, Kalimantan Barat, pada 15 Februari 1940. Sejak muda, ia aktif berorganisasi dan memulai karier profesionalnya sebagai guru pada tahun 1960. Tidak lama kemudian, Hamzah Haz beralih menjadi wartawan surat kabar Bebas di Pontianak dan kemudian menjadi Pimpinan Umum Harian Berita Pawau di Kalimantan Barat.

Hamzah Haz memulai karier politiknya dengan menjabat sebagai Menteri Investasi pada era Presiden BJ Habibie. Pada era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), ia diangkat menjadi Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) dan Wakil Ketua DPR RI.

Puncak karier politik Hamzah Haz adalah ketika ia menjabat sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia mendampingi Presiden Megawati Soekarnoputri dari tahun 2001 hingga 2004. Dalam masa jabatannya sebagai Wakil Presiden, Hamzah Haz dikenal sebagai seorang pemimpin yang berdedikasi dan memiliki komitmen tinggi terhadap pembangunan negara.

Baca Juga: Ini Penampakan Uang Miliaran Rupiah hingga Mobil Mewah Harvey Moeis dan Helena Lim yang Disita Kejagung

Hamzah Haz juga dikenal sebagai tokoh penting dalam Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Ia menjabat sebagai Ketua Umum DPP PPP periode 1998-2007. Dalam kepemimpinannya, PPP menjadi salah satu partai politik yang memiliki pengaruh signifikan di Indonesia.

Hamzah Haz dikenal sebagai sosok yang rendah hati dan dekat dengan masyarakat. Selain aktif di dunia politik, ia juga sempat mencalonkan diri sebagai calon presiden pada Pemilu 2024. Meski tidak terpilih, perjuangannya tetap diingat oleh banyak orang.

"Innalillahi wa innaillaihi raji'un. Telah berpulang ke rahmatullah Bapak Dr.(Hc) Hamzah Haz, Wapres RI ke-9, pada pagi hari ini," demikian pesan yang diterima oleh BaperaNews.

Kepergian Hamzah Haz meninggalkan duka mendalam bagi banyak pihak. Tokoh-tokoh politik, rekan-rekan, dan masyarakat umum turut menyampaikan belasungkawa atas kepergiannya. "Kami kehilangan seorang pemimpin yang penuh dedikasi dan integritas," ujar Arwani Thomafi, Sekjen PPP.

Baca Juga: Bantah Kesaksian Eliya Bachmid, Putri Abdul Gani Kasuba Mantan Gubernur Malut Sebut ayahnya Difitnah!