Jokowi Klaim Skill 12,8 Juta Orang Meningkat Karena Kartu Prakerja

Sejak April 2022 Presiden Jokowi membuka Program Kartu Prakerja yang sekarang telah diikuti hingga 12,8 juta peserta, Jokowi senang dan memberi apresiasi.

Jokowi Klaim Skill 12,8 Juta Orang Meningkat Karena Kartu Prakerja
Jokowi memberi apresiasi kepada Program Kartu Prakerja yang telah diikuti sampai 12,8 juta peserta. Gambar : tirto.id/Lugas

BaperaNews - Presiden Jokowi memberi apresiasi kepada Program Kartu Prakerja yang telah diikuti hingga 12,8 juta peserta sejak diluncurkan pada April 2020. Jokowi mengklaim 12,8 juta orang tersebut telah meningkat kemampuan dan produktivitasnya setelah menjadi peserta Kartu Prakerja.

“Ini angka yang tidak kecil. 12,8 juta. Yang produktivitasnya naik, skillnya naik, pengalaman kerjanya, karena pelatihan ini menjadi meningkat” ujar Presiden Jokowi dalam sebuah acara Temu Raya #KitaPrakerja yang ditayangkan di kanal YouTube resmi Kartu Prakerja (17/6).

Jokowi mengungkap senang dengan pencapaian tersebut karena Kartu Prakerja telah diluncurkan dengan suasana penuh pembatasan di masa awal pandemi Covid 19 dua tahun lalu. “Apa bisa cara-cara ini kita lakukan kalau tidak memakai platform digital, enggak mungkin, iya enggak, bener nggak?” imbuh Jokowi.

Jokowi pun mengklaim Kartu Prakerja telah memberikan manfaat untuk peserta yang mengikutinya. Ia berkaca dari data hasil survey Badan Pusat Statistik yang menjabarkan, ada 88,9% peserta Kartu Prakerja mengaku program ini bisa membuat keterampilan mereka meningkat.

Namun, Jokowi juga menyebut ada sejumlah hal yang perlu diperbaiki, yakni pendampingan untuk peserta yang sudah menyelesaikan program Kartu Prakerja. “Kita harap terus dievaluasi, dikoreksi, diperbaiki, masukan saya kira banyak diterima. Tadi bagus yang usul harus didampingi saya kita juga baik, nanti kalau ada yang minta endors yang diendors satu-satu ngak papa” lanjut Presiden Jokowi.

Baca Juga : DPR: Cuti Hamil Jadi 6 Bulan Yang Diatur Dalam RUU KIA

Jokowi kemudian berpesan kepada semua pihak untuk tetap produktif di tengah kondisi dunia yang tak mudah akibat adanya kenaikan harga sumber energi dan bahan pangan. Ia menekan, kunci kemajuan sebuah Negara ialah pada sumber daya manusianya, bukan dari sumber daya alam.

“Sumber daya alam banyak tapi kalau manusianya tidak mendukung enggak ada artinya, tapi kalau sumber dayanya ada didukung dengan manusia yang baik seperti yang ada di kanan kiri sata ini didukung ilmiah yang akan nanti membuat Negara ini maju” tutupnya.

Program Kartu Prakerja sendiri sudah dibuka hingga 27 gelombang, pencairan gelombang 27 diselesaikan pada 9 Mei 2022 lalu. Sedangkan untuk pembukaan gelombang 28 belum ada informasi lebih lanjut. Pengumuman biasanya akan dimuat di situs resmi dan dashboard laman Prakerja serta akun media sosial pihak terkait.