Bahlil Lahadalia Resmi Jadi Ketua Umum Golkar 2024-2029

Bahlil Lahadalia terpilih sebagai Ketua Umum Partai Golkar periode 2024-2029 dalam Munas XI yang berlangsung di Jakarta.

Bahlil Lahadalia Resmi Jadi Ketua Umum Golkar 2024-2029
Bahlil Lahadalia Resmi Jadi Ketua Umum Golkar 2024-2029. Gambar: Golkar Indonesia

BaperaNews - Bahlil Lahadalia resmi terpilih sebagai Ketua Umum Partai Golkar periode 2024-2029 dalam Musyawarah Nasional (Munas) XI Golkar yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) pada Rabu, (21/8). Bahlil terpilih secara aklamasi setelah menjadi calon tunggal dalam pemilihan ketua umum partai berlambang pohon beringin tersebut.

Dalam Munas tersebut, Ketua Sidang Munas Golkar Adies Kadir menanyakan kepada seluruh peserta apakah mereka menyetujui penetapan Bahlil Lahadalia sebagai Ketua Umum Partai Golkar untuk periode 2024-2029.

“Saya menanyakan apakah seluruh hadirin peserta Munas XI setuju untuk kita tetapkan Bapak Bahlil Lahadalia menjadi Ketua Umum DPP Golkar periode 2024-2029? Setuju?” tanya Adies dengan semangat.

“Setuju,” jawab seluruh peserta Munas dengan suara bulat.

Baca Juga: Presiden Jokowi Reshuffle Kabinet Hari ini, Ganti Menkumham Hingga Lantik Bahlil dan Rosan

Dengan persetujuan seluruh peserta Munas, Adies Kadir kemudian mengetuk palu sidang sebanyak tiga kali sebagai tanda resmi penetapan Bahlil Lahadalia sebagai Ketua Umum Partai Golkar yang baru.

Keputusan ini menjadikan Bahlil sebagai formatur tunggal yang berwenang untuk menyusun dan menentukan perangkat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar untuk periode lima tahun ke depan.

Sekretaris Sidang Munas Golkar, Ace Hasan, kemudian membacakan surat keputusan (SK) yang menetapkan Bahlil sebagai Ketua Umum sekaligus memberikan mandat penuh kepada Bahlil untuk menyusun struktur kepengurusan DPP Golkar. Keputusan ini mulai berlaku efektif sejak 21 Agustus 2024, hari di mana Bahlil resmi ditetapkan sebagai ketua umum.

Terpilihnya Bahlil Lahadalia menggantikan Airlangga Hartarto, Ketua Umum Golkar sebelumnya yang menjabat sejak 2017.

Bahlil, yang juga menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam Kabinet Indonesia Maju, telah menjadi sosok penting dalam pemerintahan dan kini akan memimpin salah satu partai politik terbesar di Indonesia.

Baca Juga: Bahlil Lahadalia Dipastikan Jadi Calon Tunggal Ketua Umum Golkar