Lewis Hamilton Juara, Akhiri Puasa Kemenangan di F1 GP Inggris 2024

Lewis Hamilton mengakhiri puasa kemenangannya dengan meraih kemenangan di F1 GP Inggris 2024 di Sirkuit Silverstone. Baca selengkapnya di sini!

Lewis Hamilton Juara, Akhiri Puasa Kemenangan di F1 GP Inggris 2024
Lewis Hamilton Juara, Akhiri Puasa Kemenangan di F1 GP Inggris 2024. Gambar: Instagram/Lewsihamilton

BaperaNews - Lewis Hamilton, pembalap dari Mercedes AMG Petronas, berhasil mengakhiri puasa kemenangannya selama tiga musim dengan meraih kemenangan di Formula 1 (F1) GP Inggris 2024.

Balapan yang berlangsung di Sirkuit Silverstone pada Minggu (7/7) malam WIB ini menjadi momen spesial bagi Hamilton, yang berhasil mengalahkan Max Verstappen dan Lando Norris.

Balapan dimulai dengan George Russell dari Mercedes AMG Petronas memimpin start dari posisi pertama, sementara Max Verstappen berhasil naik ke posisi ketiga setelah menyalip Lando Norris. Russell memimpin balapan dengan nyaman setelah melahap 10 putaran, diikuti oleh Lewis Hamilton dan Verstappen. 

Pada lap ke-15, Norris berhasil menyalip Verstappen, kemudian Oscar Piastri juga melewati Verstappen, membuat sang juara bertahan merosot ke posisi lima. Hamilton naik ke posisi pertama setelah menggeser Russell, sementara Norris yang berada di posisi ketiga berhasil menyalip duo Mercedes dan memimpin balapan.

Piastri mengikuti jejak Norris, membuat duo McLaren berada di dua teratas.

Namun, hujan yang mulai mengguyur Sirkuit Silverstone memaksa para pembalap masuk ke pit untuk mengganti ban. Situasi ini mengubah posisi pembalap, dengan Norris tetap memimpin diikuti oleh Hamilton dan Verstappen.

Russell harus masuk ke pit dan menghentikan balapannya pada lap ke-34. Setelah cuaca kembali normal, para pembalap kembali ke pit untuk mengganti ban, dan Hamilton memimpin balapan lagi.

Memasuki lima lap terakhir, Hamilton terus menjauh dari kejaran Norris. Verstappen dengan kecepatannya berhasil merangsek ke posisi kedua. Pada akhirnya, Hamilton berhasil finis di posisi pertama, diikuti oleh Verstappen dan Norris.

Baca Juga: Kabar Baik! Formula E Akan Digelar di Jakarta pada 2025 Mendatang

Kemenangan ini sangat berarti bagi Hamilton, karena diraih di tanah kelahirannya, Inggris, dan menjadi kemenangan pertama sejak F1 GP Arab Saudi 2021. 

Hasil Lengkap Race F1 GP Inggris 2024

Berikut hasil lengkap Race F1 GP Inggris 2024:

  1. Lewis Hamilton GBR Mercedes AMG Petronas F1 Team 52 Laps
  2. Max Verstappen NED Oracle Red Bull Racing +1.465s
  3. Lando Norris GBR McLaren F1 Team +7.547s
  4. Oscar Piastri AUS McLaren F1 Team +12.429s
  5. Carlos Sainz ESP Scuderia Ferrari +47.318s
  6. Nico Hulkenberg GER MoneyGram Haas F1 Team +55.722s
  7. Lance Stroll CAN Aston Martin Aramco F1 Team +56.569s
  8. Fernando Alonso ESP Aston Martin Aramco F1 Team +63.577s
  9. Alex Albon THA Williams Racing +68.387s
  10. Yuki Tsunoda JPN Visa Cash App RB F1 Team +79.303s
  11. Logan Sargeant USA Williams Racing +88.960s
  12. Kevin Magnussen DEN MoneyGram Haas F1 Team +90.153s
  13. Daniel Ricciardo AUS Visa Cash App RB F1 Team +1 Lap
  14. Charles Leclerc MON Scuderia Ferrari +1 Lap
  15. Valtteri Bottas FIN Stake F1 Team Kick Sauber +1 Lap
  16. Esteban Ocon FRA BWT Alpine F1 Team +2 Laps
  17. Sergio Perez MEX Oracle Red Bull Racing +2 Laps
  18. Zhou Guanyu CHN Stake F1 Team Kick Sauber +2 Laps

George Russell GBR Mercedes AMG Petronas F1 Team DNF
Pierre Gasly FRA BWT Alpine F1 Team DNF

George Russell yang memulai balapan dari posisi terdepan akhirnya harus menghentikan balapannya di lap ke-34 karena masalah teknis. Meskipun tampil kuat di awal balapan, Russell gagal menyelesaikan balapan, memberikan kesempatan bagi rekan setimnya, Hamilton, untuk memimpin dan meraih kemenangan.

Max Verstappen, yang start dari posisi kedua, harus puas di posisi kedua setelah gagal mengejar Hamilton. Lando Norris dari McLaren tampil impresif dengan finis di posisi ketiga, diikuti oleh rekan setimnya, Oscar Piastri, di posisi keempat. 

Carlos Sainz dari Scuderia Ferrari menempati posisi kelima, sementara Nico Hulkenberg dari MoneyGram Haas F1 Team finis di posisi keenam. Duo Aston Martin, Lance Stroll dan Fernando Alonso, menempati posisi ketujuh dan kedelapan. Alex Albon dari Williams Racing dan Yuki Tsunoda dari Visa Cash App RB F1 Team melengkapi posisi sepuluh besar.

Baca Juga: Resmi! Jorge Martin Pindah ke Aprilia, Marc Marquez Masuk Ducati