4 Negara yang bisa Menggunakan Transaksi QRIS

Bank Indonesia mengumumkan bahwa QRIS akan segera dapat digunakan di Korea Selatan, India, Jepang, dan Uni Emirat Arab.

4 Negara yang bisa Menggunakan Transaksi QRIS
4 Negara yang bisa Menggunakan Transaksi QRIS. Gambar: Ilustrasi canva

BaperaNews - Bank Indonesia (BI) mengumumkan bahwa sistem pembayaran berbasis Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) akan segera dapat digunakan di empat negara baru. Adapun empat negara tersebut, yakni:

1. Korea Selatan

Korea Selatan dikenal sebagai salah satu negara dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Implementasi QRIS di Korea Selatan memungkinkan para turis dan pelancong bisnis dari Indonesia untuk melakukan transaksi dengan mudah menggunakan sistem pembayaran digital ini.

Kerja sama dengan Korea Selatan diharapkan dapat meningkatkan volume transaksi internasional serta memperkuat hubungan ekonomi antara kedua negara. Turis Indonesia dapat menikmati berbagai kuliner khas Korea seperti tteokbokki dan kimchi dengan membayar melalui QRIS.

2. India

India adalah salah satu negara dengan populasi terbesar di dunia dan memiliki pasar digital yang sangat besar. Integrasi QRIS di India membuka peluang besar bagi para wisatawan Indonesia untuk melakukan transaksi dengan cepat dan efisien.

Selain itu, kerjasama ini juga memperkuat hubungan dagang dan ekonomi antara Indonesia dan India. Penggunaan QRIS di India akan mempermudah transaksi untuk membeli berbagai produk lokal, seperti kari dan roti naan.

3. Jepang

Jepang dikenal sebagai negara dengan inovasi teknologi yang sangat maju. Adopsi QRIS di Jepang akan memberikan kemudahan bagi wisatawan Indonesia dalam melakukan pembayaran di berbagai tempat, mulai dari restoran hingga toko suvenir.

Dengan QRIS, turis dapat dengan mudah menikmati sushi, ramen, dan berbagai produk khas Jepang lainnya. Kolaborasi ini juga merupakan langkah strategis untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital dan memperkuat kerja sama bilateral antara kedua negara.

4. Uni Emirat Arab (UEA)

UEA, terutama kota Dubai, merupakan salah satu destinasi wisata dan bisnis paling populer di dunia. Kerja sama antara Bank Indonesia dan bank sentral UEA memungkinkan penggunaan QRIS di berbagai titik di UEA, mempermudah transaksi bagi wisatawan dan pelaku bisnis dari Indonesia. 

Pengumuman ini disampaikan oleh Deputi Gubernur BI, Filianingsih Hendarta, pada Sabtu (20/7).

Baca Juga: Bank Indonesia Jalin Kerjasama Dengan UEA, QRIS Nanti Bisa Digunakan di Dubai

Filianingsih Hendarta menyebutkan bahwa BI telah menandatangani kesepakatan dengan Korea Selatan pada 15 Juli dan dengan bank sentral UEA pada 16 Juli 2024.

Kesepakatan ini menandai langkah penting dalam ekspansi QRIS ke pasar internasional, menjadikannya salah satu sistem pembayaran yang berkembang pesat di luar negeri.

"Kemarin sudah tanda tangan dengan Korea Selatan pada tanggal 15 dan pada tanggal 16 kemarin tanda tangan lagi dengan bank sentral Uni Emirat Arab. Jadi dalam waktu dekat kita akan ada QRIS cross border dengan India, Korea, Jepang dan UEA," ungkap Filianingsih Hendarta, seperti dikutip dari akun Instagram resmi @bank_indonesia.

Ekspansi ini merupakan bagian dari strategi BI untuk memperluas jangkauan QRIS sebagai sistem pembayaran lintas negara.

Filianingsih Hendarta menambahkan bahwa kerja sama sistem pembayaran lintas negara ke depannya tidak hanya akan melibatkan QRIS, tetapi juga sistem pembayaran lainnya, termasuk fast payment. QRIS saat ini sudah dapat digunakan di beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, dan Singapura.

"Jadi, nanti teman-teman bisa beli Topokki pakai QRIS, beli sushi, beli kari pakai QRIS, tteokbokki," jelasnya.

Data terbaru menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam penggunaan QRIS di luar negeri.

Transaksi inbound oleh turis asing di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 13% secara bulanan dari Thailand, sedangkan transaksi dari turis Singapura meningkat sebesar 28% secara bulanan. Di Malaysia, transaksi pakai QRIS juga meningkat sebesar 8% secara bulanan.

Untuk transaksi outbound, masyarakat Indonesia yang menggunakan QRIS di Thailand mengalami peningkatan 9% secara bulanan, di Malaysia meningkat 4%, dan di Singapura meningkat 12% secara bulanan.

@baperanews.com

Bank Indonesia mengumumkan bahwa QRIS akan segera dapat digunakan di Korea Selatan, India, Jepang, dan Uni Emirat Arab. #viral #qris ♬ suara asli - BAPERA NEWS

Baca Juga: Bank Indonesia Buka Suara Usai Viral Uang Rupiah Baru Pecahan 1.0