Sony Umumkan Peluncuran PS5 Pro, Ini Harga, Tanggal Rilis, dan Fiturnya!

Sony resmi meluncurkan PlayStation 5 Pro dengan performa 45% lebih cepat. Dapatkan info harga, tanggal rilis, dan fitur unggulannya di sini!

Sony Umumkan Peluncuran PS5 Pro, Ini Harga, Tanggal Rilis, dan Fiturnya!
Sony Umumkan Peluncuran PS5 Pro, Ini Harga, Tanggal Rilis, dan Fiturnya!. Gambar : Dok. Tirto

BaperaNews - Sony akhirnya mengumumkan konsol terbaru mereka, Playstation 5 Pro (PS5 Pro). Konsol ini diperkenalkan dalam presentasi teknis yang dipimpin oleh Mark Cerny, kepala arsitektur konsol PlayStation.

Dalam presentasi tersebut, Cerny menjelaskan bahwa PS5 Pro merupakan peningkatan signifikan dari PS5, dengan GPU yang lebih besar dan fitur ray tracing yang lebih canggih.

“Ini adalah konsol paling kuat yang pernah kami buat,” kata Cerny, menegaskan keunggulan PS5 Pro.

Menurut laman resmi blog PlayStation, konsol baru ini akan resmi dirilis pada 7 November 2024 dengan harga sekitar USD 699 atau sekitar Rp10,8 juta. Bagi gamer yang tidak sabar untuk menjadi pemilik pertama, pre-order PS5 Pro sudah bisa dilakukan mulai 26 September 2024. 

Desain PS5 Pro tidak jauh berbeda dari bocoran yang telah beredar sebelumnya. Konsol ini memiliki tiga garis di sisi bodi dan, yang menarik, tidak dilengkapi dengan disk drive. 

Dengan peningkatan hardware yang signifikan, PS5 Pro mampu menghasilkan grafis dengan kecepatan rendering 45 persen lebih cepat dibandingkan pendahulunya.

“Dengan kemampuan ini, kami yakin pengalaman bermain game akan jauh lebih mendalam,” tambah Cerny.

Baca Juga: NBA 2K25 Rilis di PC, Xbox, PS4, dan PS5!

Salah satu alasan utamanya adalah untuk mengatasi dilema antara mode performa dan mode fidelitas. Cerny menegaskan bahwa pemain sering kali harus memilih antara keduanya.

“Namun dengan PS5 Pro, kompromi ini bisa dihilangkan. Ada 75 persen pemain yang memilih mode performa,” jelasnya.

Dengan kekuatan tambahan ini, gamer PlayStation bisa merasakan kualitas visual terbaik tanpa mengorbankan frame rate.

Meski begitu, kita masih harus menunggu dukungan dari pengembang game untuk melihat apakah klaim Sony ini benar-benar terwujud. Saat ini, beberapa judul game pihak pertama dan ketiga telah dioptimalkan untuk PS5 Pro dan hadir dengan label PS5 Pro Enhanced.

Di sisi lain, meskipun Sony telah mengumumkan PS5 Pro, mereka belum mengonfirmasi keberadaan konsol ini secara resmi. Bocoran spesifikasi PS5 Pro telah membuat Sony 'kebakaran jenggot' dan memutuskan untuk melakukan penyelidikan tentang sosok yang membocorkan informasi tersebut.

YouTuber Moore's Law is Dead menjadi yang pertama mengunggah video spesifikasi PS5 Pro, yang tampaknya merupakan dokumentasi resmi konsol baru Sony tersebut.

Selang beberapa waktu kemudian, Tom Henderson dari Insider Gaming mengonfirmasi detail tersebut dan men-tweet tentang penyelidikan yang dilakukan oleh pihak Sony. Mengutip Gizmodo, pihak Sony sedang melakukan penyelidikan terhadap siapa yang membagikan spesifikasi PS5 Pro tersebut.

Dokumen-dokumen tersebut kemungkinan dibagikan kepada mitra pihak ketiga, dan ini sejalan dengan rumor bahwa penerus PS5 akan dirilis akhir tahun ini.

Berdasarkan informasi saat ini, PS5 Pro memiliki performa 67 teraflop untuk perhitungan floating point 16-bit. Jika benar, angka tersebut setara dengan 33.5 teraflop untuk komputasi single-precision, dan secara kasar memberikan peningkatan performa rendering hingga 45 persen dibanding PS5 standar.

Untuk gambaran, PS5 saat ini memiliki kemampuan 10.28 teraflop. Jika angka ini benar adanya, maka performa PlayStation 5 Pro akan mengalami peningkatan yang signifikan.

Dokumen tersebut juga menyebutkan bahwa performa PS5 Pro ini menjanjikan ray tracing tiga kali lipat lebih baik dibandingkan PS5, bahkan hingga empat kali lipat dalam beberapa situasi. Dengan semua peningkatan ini, PS5 Pro diharapkan dapat memenuhi harapan gamer akan pengalaman bermain yang lebih memuaskan. 

Baca Juga: Baru 2 Pekan, PlayStation Tutup Game Concord 6 September Mendatang