Timnas Indonesia Naik Peringkat di Ranking FIFA, Tembus 129 Kalahkan Malaysia dan Malawi

Setelah hasil imbang melawan Australia, Timnas Indonesia naik empat peringkat di ranking FIFA, menjadi peringkat 129.

Timnas Indonesia Naik Peringkat di Ranking FIFA, Tembus 129 Kalahkan Malaysia dan Malawi
Timnas Indonesia Naik Peringkat di Ranking FIFA, Tembus 129 Kalahkan Malaysia dan Malawi. Gambar : Aldhi Chandra/MPI

BaperaNews - Timnas Indonesia berhasil menahan imbang Australia dalam laga yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Selasa (10/9). Hasil ini berdampak positif bagi peringkat FIFA Indonesia yang mengalami kenaikan.

Awalnya, banyak yang memprediksi bahwa Timnas Indonesia hanya akan naik dua strip setelah hasil imbang melawan Australia. Namun, kenyataannya skuad Garuda mampu menembus posisi 120 besar.

Hal ini terjadi berkat kekalahan tim Afrika, Malawi, yang mengalami kekalahan 1-3 dari Burkina Faso. Dengan hasil tersebut, poin Malawi pun berkurang drastis, memberikan keuntungan bagi Timnas Indonesia.

Menurut perhitungan dari Football-ranking, Timnas Indonesia kini berada di posisi 129 dalam rank FIFA dengan total 1.124,18 poin.

Ini berarti selama putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia berhasil naik empat peringkat dari sebelumnya yang berada di posisi 133. Selain itu, Timnas Indonesia juga berhasil mengungguli rival tetangga, Malaysia, yang kini berada di peringkat 132.

Baca Juga: Timnas Indonesia Imbang Lawan Australia dengan Skor 0-0 di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Meski begitu, ranking resmi FIFA akan diperbarui di laman resmi mereka.

Dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia akan menghadapi Bahrain dan China, yang semuanya merupakan laga tandang. 

Saat ini, Timnas Indonesia berada di peringkat keempat klasemen Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan koleksi dua poin. Dengan hasil melawan Australia, harapan untuk meraih poin lebih banyak di laga selanjutnya semakin terbuka lebar.

Dalam FIFA Matchday September 2024, Timnas Indonesia berhasil meraup total 15,45 poin, yang membuat mereka naik empat posisi dari peringkat 133 ke 129 dunia. Ini merupakan pencapaian yang patut diapresiasi, dan diharapkan bisa berlanjut di pertandingan selanjutnya.

Baca Juga: Timnas Indonesia Tahan Imbang Arab Saudi dengan Skor 1-1 di Kualifikasi Piala Dunia 2026